Senin, 30 April 2018

Berwisata Ke Monumen Kapal Selam di Surabaya, Tabah Sampai Akhir.


Ada yang pernah makan Kapal Selam? Eh maksudnya ada yang pernah masuk ke dalam Kapal Selam? Jika belum, hari Jumat (27/4), saya berkesempatan memasuki Kapal Selam. Penasaran, yuk baca terus sampai akhir. Gak panjang kok. :)


Jika mendengar kata Surabaya, maka jawaban saya adalah Kota Pahlawan. Masih teringat pelajaran sejarah tentang peristiwa 10 November. Dimana Jenderal Inggris terbunuh. Bendera merah putih dikibarkan. Kemudian ada pidato yang menggelorakan arek-arek Suroboyo untuk berjuang demi Indonesia.

Kamis pagi saya tiba di Surabaya dalam rangka mendampingi anak-anak hebat untuk kompetisi sains. Hari pertama tiba sebelum kompetisi berlangsung, saya berjalan-jalan ke Monumen Kapal Selam. Tempat ini berada di Jalan Pemuda, di tepi Kalimas Surabaya. Lokasinya tidak jauh dari Balai Pemuda. 

Jika menilik sejarah adanya kapal selam, kendaraan perang dalam laut ini mulai ada di Indonesia sejak tahun 1959. Di tahun sebelumnya, Presiden Soekarno mengirimkan angkatan laut ke Uni Soviet untuk belajar mengoperasikan kapal selam.

Wira Ananta Rudhiro, tabah sampai akhir. Itulah moto dari Angkatan Laut Kapal Selam.


Memang bertugas di Angkatan Laut Kapal Selam harus memiliki ketabahan. Betapa tidak, saat masuk ke kapal selam. Kita hanya memiliki ruang terbatas. Tempat tidur yang sempit. Kamar mandi juga sempit. Kemudian pemandangan yang bisa dilihat mungkin hanya birunya air laut dan flora fauna di dalamnya. Berhari-hari, berminggu-minggu bahkan bisa berbulan-bulan di dalam sana.

Saya membayangkan, tinggal di kapal selam itu bagaikan tinggal di pesawat luar angkasa. Hidup dalam kesunyian dan kewaspadaan. Ini hanya penggambaran saya dari tontonan film-film. Bagi yang penasaran bagian dalamnya kapal selam, lihat foto-foto di bawah ini ya.

Foto-Foto di Monumen Kapal Selam Surabaya


Jangan lupa bayar 15.000 kalau mau masuk (dokpri).

Tempat torpedo di dalam kapal selam (dokpri).


Loker penyimpanan barang (dokpri).

Tempat tidur di kapal selam (dokpri).

Alat komunikasi di kapal selam (dokpri).

Kalau mau masuk ke ruang antar kapal selam lewat lorong ini (dokpri).


Ada TV jadul (dokpri).


Kalau diatas alat untuk mengukur tekanan.

Indikator tangki pemberat (dokpri).



Kompas di kapal selam (dokpri).

Penamapakan kompas kapal selam (dokpri).



Nah ini kalau mau lihat pemandangan di luar kapal selam (dokpri).



Kamar mandi di Kapal Selam (dokpri).

Wastafel di kamar mandi (dokpri). 

Ruang untuk makan (dokpri).






Pompa Hidrolik untuk mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik (dokpri).






Penampakan Kapal Selam Pasoepati yang bertempur saat membebaskan Irian Barat tahun 1960 (dokpri).

Baling-baling di kapal selam (dokpri).

Bagaimana, masih penasaran dengan kapal selam? Bagi yang masih penasaran datang aja ke Monumen Kapal Selam di Surabaya. Disana juga ada ruang tempat menonton film untuk mengetahui sejarah mengenai Kapal Selam.



51 komentar:

  1. Noted, bisa jadi referensi nih kalo main-main ke Surabaya

    BalasHapus
  2. Para awak kapal biasa saja pasti bosan jika harus terus di dalam kapal. Apalagi awak kapal selam. Bosannya bisa kuartet...

    BalasHapus
  3. Keren ya ternyata, tampilan isi kapal selam. Selama ini cuma bisa lihat di film2 saja.

    BalasHapus
  4. Berkunjung ke museum kapal selam sepertinya worth a try. Terimakasih infonya Kak Yogi.

    BalasHapus
  5. Aku bayanginnya kecil. Tp ternyata besar juga ya. Hehe.
    Yaiyalah ya pasti ��

    BalasHapus
  6. Duh kebayang bagaimana harus beraktifitas ditempat yang terbatas di dalam laut pula.
    Museum yang unik, perlu nih berkunjung kesini bersama anak anak.
    Terima kasih sharingnya ya

    BalasHapus
  7. Wih keren ya Bang, kirain mah lokasi kapal selamnya ada di pinggir laut gitu eh taunya enggak wkwk.

    BalasHapus
  8. Menarik..
    Tar dicoba deh kalo ke surabaya..

    BalasHapus
  9. Belum pernah liat isi kapal selam, ternyata begitu yaa 😄

    BalasHapus
  10. Mbayangin ada di kapal selam berbulan-bulan, pasti bosan dan takut ya. Benar2 harus waspada terus karena untuk keperluan perang. Kecuali kalau kapal selamnya untuk pesiar, mungkin ya.

    BalasHapus
  11. Baru sebatas lihat videonya saja kapal selam. Baru tau sperti itu kapal selam zaman old ya.

    BalasHapus
  12. tentara yang menjadi anggota di kapal selam biasanya tinggi badannya pendek-pendek, klo tinggi takut kepentok

    BalasHapus
  13. Dulu waktu saya ke sana, yg jaga purnawirawan dari AU, jadi bisa cerita mendetail

    BalasHapus
  14. Sambil menunggu penerbangan ke Jakarta. Saya singgah ke monumen kapal selam Surabaya dan dipersilahkan mencoba beberapa alat yang ada. Seru juga ya mas yogi mengetahui isi kapal selam....

    BalasHapus
  15. Sambil menunggu penerbangan ke Jakarta. Saya singgah ke monumen kapal selam Surabaya dan dipersilahkan mencoba beberapa alat yang ada. Seru juga ya mas yogi mengetahui isi kapal selam....

    BalasHapus
  16. Sebagai orang surabaya.. saya cuma 2 kali ke monkasel singkatan monumen kapal selam.. haha.. itu juga terakhir pas saya SMP sepertinya.. duh sudah lama sekali.. jaman dulu suka banget kalo pas lewat2 yang lubang penghubung itu.. berasa berpetualang.. ahha..

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Ihh kerennya, selama ini cuma tau kapal selam kaya apa itu cuma di film2 aksi. Masuknya juga ga mahal ya. Mantap, yuk ah ke Surabaya

    BalasHapus
  19. Baca kapal selam jadi inget empek2 hahaha. Jujur aku baru tahu lho ada monumen kapal selam di Surabaya. Makasih ya mas yogi infonya. :)

    BalasHapus
  20. luas ya dalemnya. dari luar tampak kecil soalnya

    BalasHapus
  21. Pengalaman menarik, aku belum pernah masuk kapal selam

    BalasHapus
  22. Wah, keren! Baru kali ini lihat dalemnya kapal selam.

    BalasHapus
  23. Kapal selam kelewat nih pas wisata sejarah di surabaya waktu itu. Next kapan-kapan pengen kesana deh. Makasih referensinya

    BalasHapus
  24. Wahh seru juga ya ke museum kapal selam.. Bisa jadi salah satu destinasi untuk traveling saat bulan puasa ramadhan nanti.

    BalasHapus
  25. Tabah sampai akhir, wiiihh butuh jiwa-jiwa tangguh banget nih keknya kalo masuk kapal selam dan berbulan-bulan tinggal didalam sana

    BalasHapus
  26. Kayaknya gw gak bakalan betah lama2 di kapal selam...wkwkwk

    BalasHapus
  27. Waah baru tahuu..makasih infonya Mas.. :)

    BalasHapus
  28. konon inilah kapal selem indonesia yg ditakuti pada masanya.....ngebayangin berhari-harinada diruangan dalem situ gimana ya....ckckck

    BalasHapus
  29. Wah selama ini cuma lihat di film, ternyata ada ya Monumen Kapal Selam itu.
    Thanks infonya, Mas yogi! Bisa buat jadi setinasi wisata kalo ke Surabaya.

    BalasHapus
  30. waduh.. gak kebayang deh kalau saya masuk ke sana.. pasti sesak rasanya...

    BalasHapus
  31. Udah pernah ke sini dan nonton filmnya juga udah. FYI aja haha

    BalasHapus
  32. gue baru ngeh ada cewek baju hitam.. siapakah dia pak guru?

    BalasHapus
  33. Wih keren bisa main kedalamnya. Pas pembebasan irian barat memang indonesia angkatan perangnya hebat, didukung rusia.

    BalasHapus
  34. cuma pernah liat dari luar, ih keren bgt ya.

    BalasHapus
  35. Makan kapal selam? Sering banget, orang Plembang cemilan Dan dessert nya saja makan kapal selam, Pempek :D

    But anyway, thank you for info. Noted! ;)

    BalasHapus
  36. kayanya kapalnya buatan rusia,ada tulisan rusianya ya
    https://helloinez.com

    BalasHapus
  37. Baru tau. Ada museum kapal selam. Hmm antariksa sama underwater sama minim udara. Harus tabah sampai akhir

    BalasHapus
  38. Pernah ke monumen kapal selam ini pas tengah hari panas terik, jadi kurang nyaman untuk menjelajah. Kapan-kapan mau ke sana lagi ah.

    BalasHapus
  39. Waah, ternyata ada ruang untuk filmnya juga ya? Museum kapal selam sudah masuk dalam list tempat berkunjung kalau ke Surabaya nih, tinggal nunggu waktunya aja. eh tapi di sini ada jasa guide tournya juga nggak?

    BalasHapus
  40. Aku terakhir kesini sama ankku. Dia pingin lihat kapal selam dan nonton fil tentang kapal ini juga. kebetulan pas kesana ada acara di kali mas pinggirnya, jadinya seharian di monumen kapal selam.

    BalasHapus
  41. Full AC di dalam kapal,jadi diinginn bingit

    BalasHapus
  42. Selamat siang untuk semua, nama saya Steven Nesty Binti, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua pencari pinjaman akan berhati-hati tentang pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp 10,7 juta, untuk seorang pria di Afrika.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny. Tieka Melawati (tiemelaw@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Deborah, Manajer Kantor Pinjaman AVANT, jadi teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Bu Debora. Jadi saya menghubungi Ibu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +6281334785906

    Saya mengajukan pinjaman sebesar IDR 380 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan IDR380 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dan dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Mrs. Deborah untuk memberikan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) atau melalui WhatsApp: +6281334785906 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nestybintisteven@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  43. Saya Anita dari Malaysia tetapi saya tinggal di Indonesia, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ny. Deborah Avant yang kebetulan adalah Allah mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada Allah untuk memberkati dia hari ini. Tolong izinkan kami mengambil pinjaman dari sesama orang Indonesia.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nesty Binti Steven dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke Mrs. Deborah Avant.
    Email: (avantloanson@gmail.com)
    WhatsApp: +6281334785906

    Saya memutuskan untuk menghubungi Steven Nesty Binti untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Deborah, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria, katanya sangat mudah dari Ny. DEBORAH, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir dan mengirimkannya kepadanya, mengirimnya scan identitas saya. kartu, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya, bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab itu semua yang telah dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs. Deborah Avant dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui, tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. DEBORAH AVANT dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini sebagai kejutan terbesar saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp400.000.000,00. Jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. DEBORAH AVANT via
    email: (avantloanson@gmail.com) atau
    WhatsApp: +6281334785906
    untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (lansamanita@gmail.com)

    BalasHapus
  44. Hari baik untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah mendukung saya melalui ibu Nyonya Elina yang baik
    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.
    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.
    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda
    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke
    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  45. Halo, saya Ryan Ceanic, pemberi pinjaman yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menghapus hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Kami membantu orang dalam kesulitan keuangan yang telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? tidak perlu mencari lagi karena kami di sini untuk menjadikan semua masalah keuangan Anda sebagai masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tingkat bunga 1%. kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan penerima. Untuk aplikasi dan informasi lebih lanjut, kirim balasan ke yang berikut ini
    Alamat email: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    BalasHapus
  46. Halo semuanya!!! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  47. Data pribadi
    negara Indonesia
    Nama: Arif Hidayat
    Alamat: Jl.ds.lamangkona tawaeli
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp30 juta dari AVANT Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. AVANT Loan telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Deborah bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerahkan tambahan Rp250 juta setelah melalui proses hukum saya. pinjaman disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam di rekening bank BCA saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Bu Deborah dan tim manajemen pinjaman terbatas Avant telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA dan INDONESIA, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Avant Loans Limited hari ini dan selalu
    e_mail: [avantloanson@gmail.com]

    WhatsApp: +6281334785906

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  48. My name is Mrs.Aisha Mohamed, am a Citizen Of Qatar.Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal loan or business loan?contact Dr James Eric Finance Home he help me with a loan of $42,000 some days ago after been scammed of $2,800 from a woman claiming to been a loan lender but i thank God today that i got my loan worth $42,000.Feel free to contact the company for a genuine financial service. Email:(financialserviceoffer876@gmail.com) call/whats-App Contact Number +918929509036

    BalasHapus
  49. KABAR BAIK!!!
    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini semuanya penipu dan mereka ada di sini Untuk menipu Anda dari uang yang Anda peroleh dengan susah payah, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta. Namun saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah tentang macet karena hutang.
    Ketika pencarian saya untuk perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan berlanjut, saya melihat iklan lain secara online dan nama perusahaan tersebut adalah WORLD LOANS COMPANY dari Nigeria. Saya kehilangan 13 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.
    Semoga Allah dipuji, seorang teman saya yang mengajukan pinjaman dan juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat diandalkan di mana Ny. Ana Michael sang manajer cabang bekerja, dan saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp1.000.000.000,00, dan mereka meminta kredensial saya yang saya kirimkan dan setelah mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah lelucon dan mungkin itu adalah salah satu tindakan penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya kagum ketika saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari mendapatkan bisnis saya terputus ke udara dan dilikuidasi dan hari ini bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan dia tidak tahu tentang perusahaan fashion saya.
    Jadi saya menasehati semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menyenangkan hubungi Mars. Ana Michael melalui email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (dianpelangiindonesia@gmail.com)
    Sekali lagi terima kasih semuanya telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran serta semoga Tuhan melakukan pekerjaan yang sama baik dalam hidup Anda.

    BalasHapus
  50. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...