Sabtu, 16 September 2017

Perhatikan Ini Jika Ingin Membeli Mobil Bekas



Siapa yang tidak ingin memiliki mobil? Sayangnya tidak semua orang meempunyai kemampuan untuk membeli mobil baru. Nah sebenarnya ada cara lain yang bisa kita lakukan, yaitu dengan membeli mobil bekas. Kita bisa mendapatkan harga 50%-80% lebih murah dari mobil baru.

Namun sebelum membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.


1.     Cek Eksterior
Ini adalah hal yang mudah kita cek. Kita bisa melihat body mobil apakah ada penyok atau mungkin baret.

2.     Cek Mesin
Bagi orang yang gaptek mesin seperti saya, hal ini merupakan hal yang tidak mudah. Kita bisa membawa orang yang mengerti mesin, entah teman kita ataupun montir yang kita percayai.

3.     Cek Interior Mobil
Periksa apakah ada jok yang robek. AC dingin atau tidak. Kita juga bisa mengecek audio mobil apakah masih bisa berfungsi dengan baik. Mendengarkan musik atau radio saat perjalanan, menjadi hal penghilang bosan. Apalagi saat jalanan macet.

4.     Test Drive
Mencoba mobil yang ingin kita beli menjadi hal penting karena kita bisa menilai sendiri keadaan kendaraan tersebut.

5.     Cek Surat Kendaraan STNK dan BPKB
Cek masa aktif STNK. Cek juga BPKB untuk mengetahui kepemilikan kendaraan. Jika STNK sudah mati, maka kita membutuhkan biaya lebih untuk mengaktifkan kembali serta membayar denda atas keterlambatan. Hal ini perlu diperhitungkan.

Untuk membantu kita agar yakin membeli mobil bekas, ada dua tips tambahan:

1.     Cari perbandingan mobil bekas yang sejenis
Di zaman digital seperti ini, kita bisa dengan mudah membandingkan mana kendaraan yang lebih murah dengan tipe yang sejenis.

2.     Bawa montir
Hal ini untuk membantu kita mengecek keadaan kendaraan. Baik dari eksterior, interior dan terutama mesin kendaraan.

Namun jika tips diatas terasa begitu ribet, maka ada cara lain untuk membeli mobil bekas, yaitu belilah di tempat yang benar dan terpercaya.

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi untuk membeli mobil bekas bisa cek di caready.co.id. Disana terdapat mobil yang rata-rata berumur 5-7 tahun. Mobil-mobil tersebut adalah mobil bekas taksi Blue Bird.

Walaupun mobil bekas taksi, namun kualitas mobil tersebut telah dijamin karena telah mengalami pengecekan/ quality control oleh pihak Blue Bird.
 Mobil yang di jual bukan mobil rusak

Hal yang perlu diperhatikan, mobil yang dijual di caready bukanlah mobil rusak. Setiap 5 tahun sekali, Blue Bird mengalami peremajaan. Jadi mobil yang telah berumur 5 tahun akan dipensiunkan dan diganti dengan mobil baru. Nah mobil inilah yang dijual di caready.

Mobil ini dijual dengan harga 180 juta-an. Yuhuu (dokpri) 

Kemudian bagaimana dengan kualitas mobilnya? Sebulan sekali, mobil Blue Bird selalu dicek di pabrik Blue Bird yang terstandarisasi. Ini untuk menjamin kualitas kendaraan agar bisa beroperasi dengan baik saat membawa penumpang. Sebelum dijual pun, pihak Blue Bird melakukan pengecekan dan pengecetan kendaraan. Bahkan ada beberapa yang sedikit mengalami modifikasi sehingga tampilan mobil menjadi lebih keren.


Mobil Vios yang telah mengalami sedikit modifikasi ini dijual dengan harga 80 juta an.



Perhatikan Pula Tips Memilih Asuransi untuk Perjalanan Ke Luar Negeri


Siapa yang tidak ingin melakukan perjalanan ke luar negeri? Pasti setiap orang ingin melakukannya. Minimal bagi seorang muslim ingin melakukan perjalanan ke Mekah atau bagi seorang Nasrani ingin melakukan perjalanan ke Yerusalem.

Namun seringkali kita tidak memperhatikan bahwa ada perbedaan bahasa, kebudayaan dan iklim. Terutama bagi kita yang ingin berpergian ke negara 4 musim ataupun negara yang tidak beriklim tropis seperti Indonesia. Kita tidak tahu apa yang bisa terjadi disana. Entah itu sakit karena perbedaan cuaca yang ekstrim ataupun terjadi hal-hal lain yang tidak kita kira sebelumnya.

Oleh karena itu, kita harus memiliki perlindungan diri terhadap hal tersebut salah satunya adalah asuransi. Namun ada beberapa hal yang kita harus perhatikan sebelum memilih asuransi.

Pertama, pastikan asuransi tersebut terdaftar di OJK. Hal ini untuk memastikan kelegalan asuransi tersebut serta terjaminnya uang yang kita asuransikan. 

Kedua, pastikan perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik. Ktia harus perhatikan pula, apakah perusahaan tersebut pernah terkena kasus dan bagaimana cara mereka menyelesaikan kasus tersebut. Apakah mereka bisa menyelesaikannya dengan baik? Lebih baik lagi, kalau kita bisa memilih asuransi yang belum pernah terkena kasus.

Ketiga, dikenal dan berpengalaman secara internasional. Jika sudah berpengalaman secara internasional, bisa dipastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki kualitas yang baik. Tanpa kualitas yang baik, perusahaan asuransi tidak mungkin bisa untuk berkembang secara internasional.

Keempat, menawarkan cara pembelian mudah dan aman. Jika ada perusahaan asuransi yang menawarkan cara pembelian mudah dan aman, mengapa mesti memilih yang ribet?
Zaman digital sekarang ini sebenarnya telah memudahkan berbagai transaksi kita termasuk asuransi. Namun pastikan pula keamanannya. Jangan sampai ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengambil data privasi kita.
Kelima, e-policy. Sekarang polis asuransi terutama online, tidak lagi berbentuk kertas yang berlembar-lembar dan panjang. Kita bisa mendapatkan via-email.

Nah jika masih bingung asuransi mana yang ingin dipilih, coba buka msigonline.co.id Di sana terdapat penawaran travel insurance yang menarik.

Gathering Blogger ISB dan Mobil123.com tentang tips membeli asuransi online dan mobil bekas  (12/9) di FX Sudirman (dokpri).


catatan :
gambar 1 flickr.com
gambar 2,3,4, dokumentasi pribadi.
bahan tulisan dari gathering blogger ISB bersama mobil123.com

18 komentar:

  1. ternyata selain sekedar bisa online belinya, asuransi msig yang travel insurance memang punya kelebihan lebih banyak ya daripada produk asuransi sejenis di pasaran.

    BalasHapus
  2. Mobil bekas nya kereeen ya... Sama sekali ga keliatan kaya mobil bekas loh... Jadi mupeng euy...

    BalasHapus
  3. Baru tau ada asuransi online khusus untuk perjalanan, cocok banget nih buat saya yang suka traveling

    BalasHapus
  4. Mobilnya masih mulus dan bagus ya, apalagi ada asuransi online yang gak pake ribet makin cucok deh

    BalasHapus
  5. E-policy penting banget nih, biar nyaman sebagai nasabah

    BalasHapus
  6. Informasinya lgkp ya jd ga perlu khawatir klo mau bli mobil bekas

    BalasHapus
  7. Berkas asuransi sekarang makin praktis ya sejak ada asuransi online

    BalasHapus
  8. Jadi tahu apa yang harus diperhatikan saat akan membeli mobil bekas

    BalasHapus
  9. Wah buat jalan2 sudah ada asuransinya ya, jd ga khawatir lg ya.

    BalasHapus
  10. Yuhu, mobil bekas pun bisa kece dan kulitasnya Oke asal belinya di tempat yang terpercaya ya Ka. Btw itu mobil bekasnya kece deh seperti mobil baru, harganya juga bersahabat hehe.

    BalasHapus
  11. tips buat beli mobil bekasnya patut diinget kalo mau beli mobil bekas tuh

    BalasHapus
  12. tiga jam delay bisa keluar asuransinya, Wow banget ya

    BalasHapus
  13. Ya bener liat dulu budget, skrng beli mobil bekas juga masih keren dan layak

    BalasHapus
  14. Aseeek. Pokonya aku ikut ya kalo JBY ada jalan2 pake mobil.. Hehehe

    BalasHapus
  15. wah penting banget nih tipsnya, makasih yaa..

    BalasHapus
  16. Mobilnya jado cakep banget ya

    BalasHapus

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...