Sabtu, 29 Juli 2017

Teknologi Coating Pesawat Stealth Bomber di Kaca Film V-KOOL



Ada yang pernah nonton film Stealth? Film yang terbit tahun 2005 ini  baru saya tonton mungkin sekitar tahun 2016 di televisi. Film ini mengisahkan tentang 3 pilot pesawat tempur yang mencoba mengalahkan pesawat tempur tanpa awak canggih yang sistemnya rusak dan malah menyerang pasukan.

Tapi kali ini saya tidak akan cerita tentang filmnya, tetapi tentang salah satu teknologi yang digunakan pesawat tempur seperti Stealth Bomber, pesawat pembom yang mampu tak terdeteksi radar (pesawat siluman).
Rabu (26/7) saya berkesempatan hadir di acara Blogger Gathering yang diadakan V-KOOL Indonesia dan Mobil123.com Portal Otomotif No 1 bersama Komunitas ISB (Indonesia Social Blogpreneur). Bertempat di V-KOLL Flagship Outlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, saya mendapatkan pengalaman dan ilmu baru mengenai teknologi pelapis kaca.

Bagi para pengguna mobil pasti mengetahui merek kaca film kelas premium yang satu ini. Saya sebagai pengguna motor saja tahu. Karena setiap lewat parkiran mobil-mobil mewah, dikacanya sering saya lihat tulisan I'm V-Kool.

Nurlaela Sari, Marketing Executive V-Kool

Nurlaela Sari, Marketing Executive V-Kool menjelaskan bahwa V-KOOL merupakan produk yang mumpuni dalam teknologi kaca film. V-KOOL menggunakan teknologi coating yang digunakan pesawat Stealth Bomber. Menggunakan bahan 1% polyester yang tahan lama, jernih secara optik serta mengalami proses sputter bahan logam seperti emas, perak, indium oksida di dalam mesin vacuum sputtering.

Produk V-KOOL terdiri dari 7 lapisan.

Produk kaca film yang dihasilkan mampu menolak panas sinar infra merah hingga 98% atau tertinggi di dunia. Atas kemampuannya tersebut, di tahun 2014 Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada V-KOOL.


Saya pun penasaran, apa benar V-KOOL memang memiliki kemampuan seperti itu?


Hasil dari pengujian menggunakan sinar helium. 

Dari pengujian menggunakan panas sinar helium, produk V-KOOL mampu bertahan sedangkan produk lain kacanya bolong. Wow, ajaib. Tapi saya masih penasaran, apakah itu memang benar atau hanya trik sulap. Saya pun diajak menuju lantai basement. Menguji langsung di dalam mobil yang menggunakan V-KOOL dan yang tidak.

Saya di dalam mobil sedang diberikan sinar lampu cahaya 500 watt.

Pertama, saya masuk ke mobil yang tidak menggunakan V-KOOL. Saat ditembak cahaya 500 watt, saya merasa kepanasan. Panasnya menyengat kulit. Kedua, saya masuk ke mobil yang menggunakan V-KOOL. Cahaya tetap masuk tetapi tidak ada rasa panas di dalam mobil.

Inilah kemampuan V-KOOL yang memiliki kemampuan memantulkan sinar panas. Terutama sinar infra merah yang panasnya menyengat kulit. "Kaca film V-KOOL melindungi dari panas sinar infra merah dan ultraviolet." jelas Monita Cherline selaku Promotion dan Advertising Manager.

"Dengan menggunakan V-KOOL, penggunan energi untuk AC Mobil juga lebih efisien. Hal ini disebabkan suhu mobil yang lebih terjaga dibandingkan yang tidak menggunakan V-KOOL. Jika penggunaan energi lebih efisien, maka konsumsi BBM dan polusi udara juga lebih minimal." jelas Nurlaela.

V-KOOL Bukan Hanya untuk Mobil

Ada teman blogger yang bertanya, apakah V-KOOL bisa juga digunakan untuk kaca rumah atau gedung-gedung bertingkat? Ternyata bisa. Contohnya di Gedung V-KOOL dimana tempat Gathering Blogger berlangsung. Di lantai 2 menggunakan kaca film V-KOOL di lantai 1 tidak. Saya pun merasakan perbedaanya. Di lantai 2 lebih adem dari pada lantai 1.

Selain itu, kaca film V-KOOL juga bisa digunakan di helm. Beruntung ada teman blogger yang mendapatkan dorprize helm berlapiskan kaca film V-KOOL. Wah senangnya!


Pemenang Dorprize

Itulah salah satu reportase kegiatan saya di Gathering Blogger kemarin tentang Kaca Film dan teknologinya. Oiya ketinggalan ada sedikit tips bagaimana memilih kaca film.

Tips Memilih Kaca Film
1. Perhatikan kualitas produk. Jangan cari abal-abal.
2. Pastikan garansi terpercaya. Ini mesti diperhatikan benar-benar.
3. Jaringan dealer yang luas. Semakin luas dealer, semakin mudah pembelian dan jika ada keluhan.
4. Teknisi terampil. Ini penting agar kaca film terpasang dengan baik.
5. Cek spesifikasi pada website resmi penjual. Tentunya semakin berkualitas, semakin tinggi harganya. Kita juga mesti tahu berapa persen cahaya yang bisa masuk ke mobil. Jangan sampai terlalu gelap, terutama untuk mobil di kaca depan.
6. Cari cara pembayaran yang sesuai dengan kantong kita. Kalau bisa beli yang berkualitas tapi tidak memberatkan kantong, kenapa tidak.

Semoga bermanfaat.


Sumber gambar pesawat stealth bomber earningloot.com

29 komentar:

  1. Keren euy udah TLD blognya :D
    Eh jadi tau ini teknologi terkini dari kaca film.
    V-KOOL ternyata udah lama ya diproduksi. Saya kudet banget hehehe
    Rekomen banget buat sodara dan teman baca ulasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya nih teh, akhirnya TLD juga. Pengalaman V-KOOL dan kualitasnya terjamin. Makasih sudah berkunjung teh Ani Berta.

      Hapus
  2. Waduh teknologi pesawat?
    Keren dong kalau mobil pakai kaca film V-KOOL. Kemana-mana berasa naik pesawat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sehingga mampu memantulkan sinar infra merah hingga 98%. Bisa jadi, silahkan dioba. hehehe

      Hapus
  3. Yang terakhir banget setuju sekali, produk berkualitas dan tidak memberatkan kantong. V-Kool katanya mahal ya Kak? Bisa dicicil enggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kualitas premium, harganya juga premium. Bisa dicicil. Kalau tidak salah V-KOOL bekerjasama dengan blibli.com dan lain-lain. Silahkan di cek di website V KOOL atau di bliblinya langsung.

      Hapus
  4. Kaca mobil memang vital jd pilih yg teruji dan terjamin kualitasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, demi kemanan dan kenyamanan.

      Hapus
  5. Kaca film V-KOOL bisa juga loh ... digunakan untuk bulding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu sudah saya ceritakan bu sumiyati. :)

      Hapus
  6. Tambah tahu informasi tips untuk memilih kaca film yang berkualitas seperti apa ya,, makasih atas pencerahannya

    BalasHapus
  7. Dari percobaan kemaren, kita jadi tau bedanya ya.. mobil pake kaca film V-KOOl gak terasa panas waktu disinari lampu. Ah, nanti aku mau pake V-KOOL deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mba Waya Komala, terasa bedanya.

      Hapus
  8. V-Kool itu jadi merek andalan bagi pengendara mobil
    secara, kaca filmnya udah diakuin kualitas nomor wahid
    saya beruntung bisa ikutan acara uji produk kemaren hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas Choirul Huda telah berkunjung. L)

      Hapus
  9. teknologinya adopsi dari tekno stealh bomber, pasti keren laah yaaa

    BalasHapus
  10. pas demo di sorot lampu de mobil itu terasa ya,,,

    BalasHapus
  11. Teknologinya kaca film V-Kool keren juga ya, bisa menolak panas. Selain untuk mobil ternyata bisa digunakan di gedung bertingkat juga ya. Kualitasnya memang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kualitas terjamin, makannya mereka berani kasih garansi 5 tahun.

      Hapus
  12. Mau ganti pake VKOOL ah karena sudah berkualitas banget

    BalasHapus
  13. Woohh, teknologi coatingnya itu keren bangettt. Pantes wkt ditembakkin sinar 500 watt kaca film V-KOOL ga kenapa napa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Diah Woro. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  14. Ternyata saat ditembak lampu yang 500 watt langsung berasa banged perbedaanya ya Mas, jadi semakin nyakin dech dengan kualitas kaca film V-Kool.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah mengalami sendiri jadi tambah yakin memang.

      Hapus
  15. Keren ya bisa menangkal sinar ultraviolet. Btw diriku itu yg dapat helm wkwk. Ohh baru ngeh ternyata kaca helm ku sudah dilapisi VKool to..ahh senengnya makasih mas info membahagiakan ini xixi

    BalasHapus

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...