Sebentar Lagi Mau Ramadhan, Teringat Masjid Jogokariyan


Tidak terasa, ramadhan tinggal menghitung hari lagi. Saya jadi teringat Masjid Jogokariyan yang terletak di Jalan Jogokariyan, Mantirejon,Yogyakarta. Selain, tempat ibadah, bisa dibilang Masjid Jogokariyan juga menjadi tempat wisata. Karena banyak orang dari luar kota Yogya, ketika main ke Yogyakarta menyempatkan untuk mengunjungi Masjid Jogokariyan. 

Sudah dua kali saya mengunjungi Masjid Jogokoariyan. Di tahun 2019 dan tahun 2022. Di momen lebaran, berkesempatan untuk pulang kampung ke tempat nenek di Semin, Gunung Kidul. Momen pulang kampung selain ajang silaturahmi, juga menjadi ajang jalan-jalan. Kareana DIY Yogyakarta memiliki banyak wisata yang menarik. Kabupaten Gunung Kidul sekarang sudah terkenal dengan wisata alamnya entah itu pantai, goa, dll. Kota Yogyakarta, tentunya tempat yang asik untuk jalan-jalan, dengan Malioboro menjadi pusatnya.

Yang menarik minat saya untuk mengunjungi Masjid Jogokariyan karena terkenal dengan pelayanannya. Ada minum gratis, teh gratis, buku puasa gratis, dll. Kedua, banyak kajian keislaman yang bisa diikuti oleh semua orang. Oleh karenanya, masjid ini tak pernah sepi. Masjid yang kalau saat sholat subuh penuh, ya Masjid Jogokariyan.

Sayangnya saya belum pernah merasakan ramadhan di Masjid Jogokariyan. Kalau dilihat dari majalah bulanan Masjid Jogokariyan yang saya punya. Banyak sekali kegiatan di Masjid Jogokariyan saat bulan ramadhan. Ramai kegiatan, ramai pengunjung, ramai masjidnya.  

Tahun ini belum ada rencana pulang kampung. Tapi kalau pulang kampung, Masjid Jogokariyan menjadi list tempat yang dikunjungi.

Komentar