Selasa, 14 Desember 2021

Kerjasama, Kolaborasi, Inovasi

Kerjasama, kolaborasi, inovasi menjadi kunci untuk terus bertahan dan berjuang lebih lama. Dan itu kunci untuk terus berkembang sehingga mampu mencapai puncak. 


Haikyuu (sumber:walpapaercave.com)


Bagi yang menyukai anime genre olahraga pasti mengetahui anime berjudul Haikyuu. Anime yang bertemakan bola voli ini sangat menarik di tonton. Sudah 5 series yang dikeluarkan. Saya pun baru menonton sampaii series ke 4. 

Di series ke 4, tim voli  SMA Karasuno berhasil melaju ke kejuaraan nasional setelah mengalahakan Akademi Shiratorizawa. Sebelum mengikuti kompetisi penyisihan untuk ke kejuaraan nasional, SMA Karasuno mengikuti latih tanding dengan tim voli SMA terbaik di Tokyo. Pada latih tanding tersebut Karasuno mengalami kekalahan terus menerus. Namun ia mendapatkan pelajaran berharga dari setiap kekalahan. Pemain di tim Karasuno terus berkembang. Mendapatkan pengetahuan baru, pengalaman baru dan teman baru.

Di kamp pelatihan tersebut, mereka tidak hanya latih tanding, tetapi juga berlatih bersama memperbaiki dan meningkatkan teknik voli yang mereka kuasai. Pemain setiap tim saling berbagi dengan pemain di tim lainnya. Mereka tidak canggung berbagi teknik unggulan mereka walaupun merka tahu, bahwa kemungkinan mereka akan bisa dipertemukan dalam pertandingan di kejuaraan nasional dan menjadi lawan. Namun agar bisa mencapai itu, mereka harus menjadi lebh kuat agar bisa mengalahkan tim voli lain. 

Dari hal tersebut, menarik bahwa jika kita ingin terus berkembang maka berkerja sama dan berkolaborasi itu baik. Sehinggga nanti akan muncul inovasi-inovasi baru yang muncul untuk saling meningkatkan kemampuan. Haikyuu bukan hanya sekedar tontonan hiburan tapi juga membangkitkan diri untuk terus semangat, mau bekerjasama, berkolaborasi dan berinovasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...