Senin, 07 Oktober 2019

Healthies Run 5 K 2019, Jangan Mager, Jadi Generasi Sehat



"Di dalam tubuh yang kuat, ada tubuh yang aktif bergerak. Jangan mager!" Itu mungkin istilah yang pas di zaman milenial seperti ini. Anti mager-mager club, kalau kata anak Jaksel.  

Minggu, 6 Oktober 2019, hari yang terasa lebih bersemangat dari biasanya. Bangun pukul 04.00 WIB, bergegas mandi, sholat subuh, dan bersiap berangkat menuju Kuningan, tepatnya gedung Kementerian Kesehatan. Perjalanan menuju gedung Kementerian Kesehatan cukup lancar. Berangkat pukul 05.00 WIB dan tiba pukul 05.15 WIB.


Foto squad Blogger Crony Community sebelum berlari di kegiatan Healthies Run 5K 2019 di Kementerian Kesehatan. Masih segar. (dok: BCC).

Semangat pagi itu terasa menggebu-gebu karena sudah lama tidak mengikuti event lari. Terakhir, saya ikut event Bela Negara Run yang diadakan Kementerian Pertahanan di bulan Desember 2018. Berarti setelah berdormansi selama10 bulan, akhirnya ikut event lari lagi. 

Event lari kali ini terasa istimewa karena akhirnya bisa lari bareng teman-teman blogger. Biasanya kita hanya bertemu di event-event seperti seminar, workshop, pers conference, dsb. 


HEALTHIES RUN 5K 2019 BUDAYAKAN GERAKAN MASYARAKAT SEHAT


Healthies Run 5K 2019, acara lari yang diadakan Kementerian Kesehatan ini dalam rangka mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Kegiatan ini juga sekaligus mempromosikan Hari Kesehatan Nasional ke 55 yang akan diadakan di bulan November.

Kegiatan Healthies Run 5K 2019 ini diikuti kurang lebih 1000 peserta yang terdiri dari kalangan jajaran Kemenkes, jajaran lintas kementerian, TNI-Polri, wartawan, berbagai komunitas dan umum. Di acara kali ini saya bersama Blogger Crony Community (BCC) ikut memeriahkan acara Healthies Run 5K. Kurang lebih ada 22 blogger dari komunitas BCC yang ikut berpartisipasi.

Ibu Menkes memberikan aba-aba untuk memulai kegiatan lari di Healthies Run 5 K 2019 (dok Maria BCC).

Kegiatan dimulai sekitar pukul 06.00 WIB, dengan pemanasan bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya serta pembukaan oleh Sekjen Kemenkes dan Ibu Menkes. Sekretaris Jenderal Kemenkes, drg Oscar Primad, MPH menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membudayakan gerakan masyarakat sehat. 

Ibu Menkes, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) juga hadir dalam kegiatan ini. Ia memberikan sambutan sekaligus memberikan aba-aba untuk memulai kegiatan berlari. Dalam sambutannya, Ibu Menkes selain mengajak untuk membudayakan gerakan masyarakat sehat juga memberikan tantangan sambil bergurau "Untuk peserta yang tua-tua, tenang saja, ada ambulans tidak usah takut."


Rute lari yang kami lewati berjarak 5 KM mengitari Kantor Kementerian Kesehatan dan Mega Kuningan Jakarta. Bagi sebagian blogger, ini adalah event lari pertamanya seperti Mas Satto, Om Bule, Mak Dewi, dan Calon Mantu Mama (itu yang saya tahu), dan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Bagi saya, ini pertama kalinya saya berlari bersama teman-teman blogger.

Squad Blogger menjadi Finisher di Healthies Run 5K 2019 (dok: BCC).

Setelah kurang lebih 1 jam. Semua squad Blogger akhirnya berhasil finish. Bahagia, senang dan tentunya sehat. Saya merasa pelarian kali ini sangat happy. Tidak ada targetan untuk mencatakan PB (catatan waktu terbaik) apalagi menjadi pelari pria tercepat. Saya berlari dan bersenang-senang. Foto-foto, video-video dan tertawa. 


Ibu Menkes Nila F Moeloek, mengikuti Zumba di kegiatan Healthies Run 5 K 2019 j(dokpri).

Selain lari, ada juga kegiatan hiburan, zumba dan plank challenge. Ibu Menkes dengan penuh semangat juga mengikuti Zumba. Setelah itu ada pembagian hadiah untuk para pemenang. Peserta putra tercepat, putri tercepat, peserta termuda, peserta tertua, kostum terbaik dan peserta terfavorit media sosial.

Para pemenang di Healthies Run 5K 2019 (dokpri).

Terima kasih kepada Blogger Crony Community yang mengajak saya di acara lari kali ini. Ajak-ajak lagi ya kalau ada event seperti ini. Dan terimakasih juga kepada Kementerian Kesehatan yang telah mengadakan event Healthies Run 5K 2019. Semoga event seperti ini bisa berlangsung rutin tiap tahunnya siapapun yang memegang tampuk kepemimpinan di Kemenkes.   


Mari kita budayakan gerakan masyarakat sehat. Semoga masyarkat Indonesia dari yang muda hingga tua menjadi generasi sehat. Jangan mager. Yuk bergerak aktif minimal 30 menit sehari. Teringat sebuah pepatah, Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Men sana in corpore sano.



2 komentar:

  1. Setuju banget. Sehat terus mas... Senang bisa finish kemarin. Berasa keren... 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekamat mba Etha bisa finish kemarin :)

      Hapus

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...