Kamis, 05 September 2019

Cara Mudah Memenuhi Zat Gizi Tubuh dengan NUTRIBOOST



Seberapa penting kita memerhatikan zat gizi makanan yang masuk ke dalam tubuh? Jika ingin hidup sehat, alangkah baiknya kita harus peduli dengan apa yang kita konsumsi. Karena makanan yang masuk ke dalam tubuh kita sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Secara umum zat gizi itu terbagi menjadi dua macam yaitu makronutrien dan mikronutrien. Apa itu? Yuk baca sampai selesai


Mari Kita Perhatikan Apa itu Makronutrien dan Mikronutrien?

Makronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi dan dibutuhkan dalam jumlah yang banyak oleh tubuh seperti karbohidrat, lemak dan protein. Makronutrien juga dibutuhkan tubuh untuk membangun otot, memperbaiki jaringan yang rusak, mengatur dan menjaga suhu tubuh agar tetap normal, menjaga jumlah sel dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh, fertilisasi, dan berperan dalam produksi hormon dan enzim.

Sedangkan mikronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit seperti vitamin dan mineral. Keberadaaan mikronutrien sangat penting bagi tubuh untuk membantu pembuatan enzim dan hormon serta menjaga fungsi organ dan indera tubuh agar tetap mampu bekerja dengan baik.



4 Sehat 5 Sempurna Masih Idealkah?

Saat Sekolah Dasar kampanye 4 sehat 5 sempurna masih terngiang-ngiang dalam pikiran saya sebagai dasar pemenuhan gizi tubuh kita. Namun seiring perkembangan keilmuan, hal tersebut sudah tidak lagi relevan. Kementerian Kesehatan sendiri sudah mengganti kampanye tersebut dengan Pemenuhan Gizi Seimbang.

Gizi Seimbang menggambarkan 4 pola hidup individu yakni mengonsumsi beranekaragam makan atau pangan, membiasakan perilaku hidup bersih, beraktifitas fisik, dan memantau berat badan demi mencapai atau mempertahankan angka normal.




Pemenuhan gizi ini bisa berbeda-beda setiap orang tergantung dari umur, jenis kelamin dan aktifitasnya.

Bagi saya yang beraktifitas sebagai guru dan blogger terkadang suka tidak mementingkan hal ini, bahkan lupa makan. Pagi sampai sore beraktifitas di sekolah, sore sampai malam beraktifitas di bimbingan belajar, dan malam membuat draft atau menyelesaikan tulisan untuk konten blog. Selain itu saya juga suka berlari marathon. Jarak yang biasa ditempuh mulai dari 5,10 hingga 25 km. Rencananya tahun ini mau mencoba full marathon 42 km (semoga kesampaian).



Nah dengan aktifitas seperti itu pastinya saya membutuhkan nutrisi yang cukup. Namun, padatnya aktifitas kadang sering terlupakan dan memastikan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Cemilan-cemilan yang ada di meja kerja langsung di cemil. Entah itu di meja ada basreng, cilok, cireng, pilus, apa yang ada di makan. Entah kandungan gizinya seperti apa. Dan ada minuman yang seringkali terlupa untuk di konsumsi yaitu susu yang mengandung kalsium.

Kenapa kalsium penting bagi tubuh? Kalsium termasuk mikronutrien yang dibutuhkan dalam tubuh. Peran kalsium dalam tubuh sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi dan tulang. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk saraf, jantung dan pembekuan darah agar bisa berfungsi dengan baik. Pada orang dewasa, umumnya dosis yang dibutuhkan 1000-1200 mg sehari cukup untuk mencegah dan mengobati defisiensi kalsium. Gak mau kan, nanti kita terkena osteoporosis.


Penuhi dengan Nutri Boost!

Bagaimana caranya agar kita mampu memenuhi kebutuhan zat gizi kita? Ada produk keluaran baru dari NUTRIBOOST dengan VITA GO untuk memenuhi zat gizi sesuai dengan gaya hidup aktif anak muda Indonesia.



NUTRIBOOST dengan VITA GO adalah sebuah inovasi minuman susu untuk membantu pemenuhan kebutuhan makronutrien dan mikronutrien. Di dalamnya mengandung sumber vitamin B3, B6, E dan Zink yang bermanfaat untuk membantu proses pembentukan dan metabolisme energi, serta memberikan semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

dr, Diana F. Suganda, M.Kes, Sp.GK, dokter spesialis gizi menjelaskan bahwa susu merupakan sumber nutrisi penting penunjang kesehatan, termasuk menjaga kepadatan tulang, khususnya bagi mereka yang memiliki gaya hidup aktif. "Banyak yang menganggap bahwa susu hanya dibutuhkan oleh anak-anak. Faktanya, susu mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, makronutrien (protein, lemak dan karbohidrat), serta mikronutrien seperti kalsium, pottasium dan magnesium. Jadi sebagai anak muda memang disarakan tetap mengonsumsi susu untuk menjaga kesehatan.

Adinia Wirasti, pemain film AADC, juga berbagi tentang kebiasannya dalam memenuhi kebutuhan gizi. Aktivitasnya yang sangat padat membuat dirinya harus memenuhi asupan gizi untuk menjaga kesehatan. Susu menjadi andalannya untuk membantu memastikan asupan nutrisi terpenuhi. Mengapa ia memilih susu? Karena mengonsumsi susu lebih praktis dibandingkan yang lainnya. Kehadiran NUTRIBOOST dengan VITAGO sangat diterima baik oleh dirinya. Selain kandungannya, NUTRIBOOST sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. NUTRIBOOST hadir dalam dua bentuk yaitu kotak 180  ml dan botol 240 ml. Ada dua pilihan pula yaitu rasa cokelat dan kopi yang disukai oleh anak muda.

Saya pun juga mencoba dua varian nutriboost. Jika disuruh memilih, untuk rasa saya lebih suka kopi. Karena memang saya menyukai kopi. Kemudian untuk kemasan saya lebih menyukai yang botol. Karena saya tipe orang yang minum susu dengan sedikit-sedikit.

Yang menarik dalam peluncuran NUTRIBOOST yaitu program  #siapgowesnyalakansemangat. NUTRIBOOST akan mengumpulkan energi 52000 anak muda melalui bersepeda statis di 70 titik yang tersebar di 5 kota Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Bali dan Makasar. Energi dari 52000 anak muda ini akan disalurkan untuk membuka akses air bersih di daerah yang mengalami kekeringan air di Indonesia dengan menggunakan panel surya.

Bagaimana kamu tertarik mencoba NUTRIBOOST? Cobain deh, pasti ketagihan dan efeknya zat gizi tubuh terpenuhi. Jangan lupa ikutan bersepda statis, energi yang kita keluarkan saat bersepeda membantu saudara-saudara kita di daerah untuk memenuhi kebutuhan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...