Senin, 05 Agustus 2019

Rumah Kecil Tidak Harus Sempit




Rumah berukuran kecil bukanlah alasan membuatnya kelihatan sempit, berantakan, ataupun kumuh. Kita bisa membuat rumah kita yang kecil menjadi terlihat lebih luas, elegan dan nyaman.
Kebetulan di hari Rabu, 31 Juli 2019 saya berkesempatan mengikuti  Blogger Gathering mengenai "Serba-Serbi Menata Rumah" di acara Indonesia Properti Expo, Pesta KPR BTN Anniversary. 


Tips dan Trik Menata Rumah Mungil

Adakah kamu yang suka komplen, bahwa rumah kamu kecil, sempit, pengap, dan susah diatur. Kalau iya, berarti coba baca tulisan ini sampai selesai. Saya akan bagi tips dan trik menata rumah mungil yang pernah dibagikan oleh Mba Adelya Vivin, seorang Ibu Rumah Tangga yang juga  Konsultan Interior Desain. Tentunya tips ini dirangkai sesuai pengembangan saya sendiri ya.

1. Perencanaan yang Tepat

Kita harus merencanakan, dan menentukan kebutuhan keluarga di rumah. Contoh, di dapur apa yang dibutuhkan. Di kamar, apa yang dibutuhkan. Di ruang tamu apa yang dibutuhkan. Jika ada barang yang tidak dibutuhkan, maka coret.

2. Mengenal Karakter Diri Sendiri dan Keluarga

Kita juga harus mengenal karakter diri sendiri dan keluarga. Ini nanti yang menentukan desain rumah ktia seperti apa. 

3. Perbanyak Referensi Hal yang Disukai

Referensi ini bisa dicari melalui berbagai macam, seperti majalah, postingan instagram, youtube,  Kita juga bisa berkunjung ke rumah contoh perumahan. Di sana kita bisa melihat secara langsung seperti apa desain interior rumah tersebut. Kemudian dicatat, dan bisa menjadi referensi bagi kita.

4. Menghitung Budget yang Tersedia

Nah ini sebenarnya hal yang terpenting. Kita harus tahu berapa budget yang kita punya. Karena semua perencanaan dan keinginan tidak akan bisa terwujud jika dananya tidak mencukupi. Segala hal yang kita inginkan tidak semua bisa diwujudkan jika dana yang kita punya terbatas, namun kita bisa inovasikan sesuai kemampuan keuangan kita.

Keseruan para blogger mengikuti kegiatan Blogger Gathering. Kebiasaan para blogger kalau ikut acara, yaitu sibuk pegang hp dan posting keseruan acara di media sosial masing-masing. :)

Nah dalam menyusun atau merancang rumah, ada hal-hal yang esensial yang perlu diperhatikan.

1. Pencahayaan

Usahakan rumah kita memiliki pencahayaan yang natural. Rancang rumah kita tidak tergantung dengan cahaya lampu. Maka keberadaan jendela menjadi penting. Dengan adanya pencahayaan yang baik, rumah kita akan terlihat lebih terang, kemudian lebih sehat, karena kuman dan penyakit akan mati jika terkena cahaya matahari. Di siang hari, kita juga akan mengurangi penggunaan lampu dan bisa menghemat listik.

2. Sirkulasi Udara

Usahakan juga rumah kita memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain jendela, keberadaan ventilasi, kemudian exhaust fan, menjadi penting agar rumah kita tidak pengap. Cooker Hood juga penting untuk menjaga dapur kita tetap bersih, tidak berminyak dan menghilangkan bau menyengat.

3. Warna Dinding yang Neutral dan Terang

Cat dinding rumah, usahakan berwarna lebih netral seperti putih, abu-abu atau krem. Warna ini membuat dinding kita lebih terang. Dengan warna-warna yang terang, rumah kita terlihat menjadi lebih bersih dan leibh luas.

4. Memasang Storage

Memiliki storage membuat kita menjadi lebih rapih dalam penyimpanan barang. Kita bisa memasang storagen di tempat-tempat yang masih memiliki ruang seperti di bawah tangga atau di bagian dinding atas. Tergantung kondisi rumah masing-masing.

5. Penghijauan

Nah ini hal yang tidak boleh ketinggalan. Selain membuat suasan rumah menjadi rindang dan sejuk, penghijauan juga membantu kita menjadi lebih rileks. Penatnya bekerja, belajar ataupun berbagai aktifitas di luar rumah, membuat kita merasa lelah. 

Ada penelitian bahwa orang yang tinggal di lingkungan hijau mampu mengurangi tingkat stres seseorang dan mampu meningkatkan kreatifitas dan kecermatan bekerja.

6. Furnitur yang Sesuai Tema

Ada beberapa tema rumah seperti Scandinavian, Bohemian, Japanese, French Country, dll. Kita harus bisa menyesuaikan furnitur rumah dengan tema rumah kita. Jika rumah kita bertemakan Japanese, maka furnitur kayu berwarna coklat, mungkin cocok untuk tema ini.

Stan BTN di Indonesia Properti Expo. Tempat bagi kamu yang ingin mencari rumah KPR BTN.


Tips dan Trik Menata Ruang Kerja di Rumah

Zaman digital sekarang ini, bekerja tidak lagi harus di kantor. Bahkan ada orang yang "kelihatannya" hanya di rumah, namun mampu menghasilkan lebih banyak uang dari pada orang yang bekerja di kantoran. Mba Zata Ligouw juga berbagi di kegiatan Blogger Gathering di IPEX. Ia seorang blogger beken, membagi tipsnya bagaimana ia menata ruang kerjanya.

1. Siapkan Tempat Khusus untuk Meja Kerja

Sebelum kita menaruh meja kerja di rumah kita. Pertama kali yang harus disiapkan adalah dimana posisi meja kerja kita akan diletakkan. Bisa di pojok ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, atau dimanapun tempat yang menurut kita masing-masing adalah tempat yang strategis untuk bekerja.

Jika kamu suka bekerja asambil makan. Maka mungkin posisi meja kerja yang dekat ruang makan, lebih cocok. Atau jika kamu suka bekerja dalam keadaan yang lebih tenang, maka meja kerja di kamar tidur, mungin lebih pas. Tergantung keadaan masing-masing diri kita. 

2. Siapkan Meja Kerja

Tempat sudah siap, maka selanjutnya adalah siapkan meja kerja. Tidak harus membeli, kita bisa gunakan meja yang sudah ada. Dengan menggunakan meja yang sudah ada, kita bisa menghemat dana. Kita juga bisa membuat meja kerja sendiri sesuai dengan lokasi yang tersedia atau model yang kita inginkan. Atau membeli meja di toko meja baik offline ataupun online. Biasanya kalau online suka tersedia promo-promo menarik. 

Hal yang penting dalam memilih meja kerja adalah meja yang ergonomik. Maksudnya adalah, meja yang sesuai dengan postur tubuh kita. Sehingga, ketika kita bekerja membuat badan kita tidak mudah lelah dan pegal. Kerja menjadi lebih fokus dan nyaman.

Kita juga bisa menghias meja kerja kita sesuai keinginan. Misalkan menaruh barang-barang unik atau barang-barang kesukaaan kita. Kalau saya sendiri, suka dengan kaktus. Maka menaruh kaktus di meja kerja itu adalah hal yang baik. 

Nah itu adalah tips dan trik menata rumah yang saya dapatkan, semoga bermanfaat. Terimakasih IPEX 2019. Bagi yang ingin lebih tahu bisa kepoin medsos IPEX 2019. Ini

Tempat konsultasi rumah BTN di Indonesia Properti Expo.

1 komentar:

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...