Minggu, 05 Agustus 2018

When Harry Met Sally; Ketika Akhirnya Menikah


When Harry Met Sally. Pernah ada yang nonton film ini? Saya aja baru sekali nonton film ini. Tahu-tahu film ini sudah ada di laptop. Ini karena ada teman yang suka download film dan downloadnya minjem laptop saya. Sebut saja namanya Topik.


Tapi saya tidak akan membahas, teman saya yang bernama Topik. Saya akan membahas film When Harry Met Sally yang dirilis 21 Juli 1989. Berarti sudah 29 tahun lalu. Saya aja belum lahir.

Film ini mengisahkan tentang laki-laki bernama Harry dan perempuan bernama Sally. Mereka berdua mempunyai tujuan sama untuk pergi ke New York. Harry ingin bekerja di New York dan Sally ingin melanjutkan sekolah Jurnaslisme.  Harry menumpang mobil Sally.

Selama di perjalanan, mereka berdiskusi tentang menjalani sebuah hubungan. Ada perdebatan diantara mereka. Harry menganggap bahwa laki-laki dan perempuan tidak bisa berteman karena ada hubungan seks yang menghalangi. Sedangkan Sally berpendapat bahwa laki-laki dan perempuan bisa berteman tanpa adanya hubungan seks.

Memang budaya barat seperti itu. Saat masuk umur 17 tahun. Hal yang sering dibicarakan oleh anak-anak Amerika adalah sudahkah kamu melakukan seks? Begitu juga ketika ada laki-laki dan perempuan yang pacaran, melakukan hubungan seksual adalah hal yang wajar.

Pertemuan Harry dan Sally unik. Setelah satu mobil berkendara ke New York, mereka baru bertemu 5 tahun kemudian di Bandara dan ternyata menaiki pesawat yang sama. Kemudian 5 tahun kemudian, mereka bertemu lagi di toko buku. Saat itu umur Sally sudah masuk kepala tiga namun belum juga menikah.

Sally merupakan wanita yang masih takut menikah karena ia mendengar cerita dari teman-temannya yang sudah menikah, bahwa pasangan tidak lagi seromantis saat pacaran. Dengan menikah ternyata kegiatan hubungan seksual juga berkurang. Apalagi ketika sudah mempunyai anak.

Tapi dari pertemuan di toko buku inilah Harry dan Sally akhirnya menjadi sahabat. Mereka saling menceritakan segala sesuatu tentang diri mereka. Bahkan mereka saling membantu untuk menemukan jodoh mereka. Namun usaha itu gagal.

Saya tidak ingin menceritakan keseluruhan film ini. Secara keseluruhan menghibur. Karena bukan hanya meghadirkan adegan romantis tapi juga ada komedinya. Film ini mungkin lebh cocok jika ditonton yang berusia 18+ atau bakan 21+. Akhir film ini happy ending (spoiler)Bagi yang penasaran, nonton aja filmnya.

Refleksi 

Kebiasaan saya setelah menonton film adalah merefleksikan apa yang terjadi pada film dengan kehidupan nyata. Termasuk film yang satu ini.

Menikah. Ini film memang temanya tentang pernikahan. Selain cerita tentang Harry dan Sally. Film ini selalu diselingi oleh beberapa pasangan tua yang menceritakan kisahnya saat pertemuan dengan suami dan istrinya hingga kemudian menikah sampai tua. 

Setiap orang memiliki ceritanya masing-masing dalam menemukan jodoh dan kemudian mempertahankan hingga tua dan ajal memisahkan nantinya. Ada yang bertemu karena tragedi. Ada yang bertemu karena dipertemukan, dijodohkan dan lain hal. Kebanyakan mereka ingin hidup bahagia dengan adanya pasangan hidup. Padahal, ketika dua orang bersatu, tidak begitu saja mereka bahagia.

Perbedaan pendapat, pemikiran, kebiasaan, menjadi salah satu hal yang menyebabkan perselisihan. Itulah yang dialami Harry saat menikah dengan Helen dan kemudian bercerai. Atau kisah antara Jess dan Marie saat-saat ingin menikah dan tinggal bersama di sebuah rumah.

Dengan menikah, bukan membuat masalah yang ada pada diri kita hilang begitu saja. Bahkan bisa jadi masalah akan terus bertambah. Tapi itulah namanya hidup. Jika kita ingin naik kelas dan menjadi manusia yang lebih baik lagi, maka masalah akan terus ada dan kita berusaha untuk menyelesaikan masalah yang ada. Yakin bahwa Allah tidak membebani hamba sesuai dengan kemampuannya.

Menonton film ini juga membuat saya berpikir kembali tentang niat menikah. Mungkin ada yang niat menikah agar cinta antara laki-laki dan perempuan bisa bersatu dan selamnya di dunia. Atau yang lainnya. Tapi bukankah ada niat menikah yang lebih baik lagi, yaitu niatkan menikah untuk ibadah.

Sungguh bangsa Jin dan Manusia diciptakan di bumi ini hanya untuk menyembah Tuhan. Itulah yang disampaikan melalui Al-Quran. Maka menikah juga merupakan sarana ibadah. Maka alangkah lebih indah ketika ketaatan kita kepada Tuhan menjadi meningkat dengan menikah. Kemudian memiliki anak yang sholeh dan sholehah, sehingga aktivitas kebaikan semakin tersebar dan tersalurkan secara turun-temurun. Kebahagaiaan, akan mengikuti selanjutnya. 

Loh kok, kayak jadi ceramah gini ya. Enggak, bukan ceramah. Hanya sedang merefleksikan kehidupan berdasarkan film dan mengingatkan diri yang lemah ini agar terus memperbaiki diri. 

37 komentar:

  1. Tapi ide bagus nonton filem lawas hihihi

    BalasHapus
  2. Film lawas menarik untuk diambil pesan film nya

    BalasHapus
  3. Sepertinya film ini menarik
    Saya jadi penasaran sama endingnya deh
    Bisikin dong, apakah akhirnya mereka menikah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nonton aja mba kalo mau tau akhirnya :)

      Hapus
  4. Setuju, Tuhan tidak akan membebani manusia dengan masalah yang tidak sanggup diselesaikan oleh manusia itu sendiri 👌

    BalasHapus
  5. Wahhh film lama yaa? Jadi penasaran pengen nonton filmnya deh

    BalasHapus
  6. Memang sih kalau untuk orang Islam,niat menikah seharusnya untuk ibadah. Karena pernikahan bukan melulu bunga-bunga namun ada dinamika, turun-naik, pasang-surut, dan aneka masalah dalam hidup yang yakin, akan lebih kompleks dibandingkan dengan hidup sendiri. Eits tapi bukan menakut-nakuti lho ya hihihi. Karena menikah itu kan separuh agama, in syaa Allah akan ada banyak hikmah dan berkah juga :D

    BalasHapus
  7. Wah, ini film jadul. Tapi, saya belum nonton juga. Jadi penasaran lagi juga sama film ini :)

    BalasHapus
  8. wah lawas bener ni film aku baru umur 2 th wkwkwk ceritanya unik y bertemu ga sengaja 5 th kmudian ketemu lg namanya jg film eh tp didunia real jg kadang bisa begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul-betul kadang yang terjadi di fiksi bisa jadi fakta dan fakta dijadikan bahan membuat fiksi :)

      Hapus
  9. Menonton film ini juga membuat Yogi berpikir kembali tentang niat menikah. Yasudahlah, segerakan saja. Sudah lewat seperempat abad juga toh, hahaha.. Niatkan untuk ibadah. Film begini mungkin harus diperbanyak supaya makin ingat nikah, ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... aamiin mba, doakan ya semoga cepat ketemu dengan jodohnya

      Hapus
  10. Aku belum nonton pilem ini. Dan penasaran juga mau nonton karena pesan yang disampaikan emang bagus ya

    BalasHapus
  11. Bener banget tuh, menikah bukan lah yang mudah. Tapi dengan menikah kita bisa lebih berkembang karena adanya tanggung jawab yang lebih besar didepan sana, yang mana ngurus masalah yang dateng, ngurus istri, ngurus anak. Oleh karena itu lah disiapkan mental yang besar untuk menikah, apakah siap atau tidak.

    BalasHapus
  12. Iih ternyata ini rilisnya pas saya SMP ya. Tapi saya baru nontonnya pas Kerja.. hahaha.. lamanyaaaa.. donlotan pula

    Bagus filmnya. Lucu. Emang saya fans berat meg ryan. Film2nya bagus2 dan romantis. Pasti makin pengen nikah lebih cepet lagi deh. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe semoga ya mba jadi cepat nikah :)

      Hapus
  13. Pernah dengar judulnya tapi belum nonton. Menikah kadang jadi momok ya, ada juga orang yang takut punya anak meski sudah menikah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagian orang ada yang begitu memang mba..

      Hapus
  14. wah, aku termasuk orang yang jarang nonton film2 lawas terkadang bingung untuk mikirnya hahhaa tp klo nonton film luar, biasalah ya, saya lebih fokus ke fashion pemain dan melihat di zaman now.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe nonton film lawas buat mengisi waktu luang kang.. :)

      Hapus
  15. Kok kyknya sepintas familiar sama judulnya. Kyknya sih pernah nonton tapi lupa. Nantgi cari lagi ah filmnya :D
    Emang menikah sebaiknya jangan grusa-grusu tapi jg jgn lupa berusaha menemukan yg tepat :D

    BalasHapus
  16. Aku belum nonton filmnya. Tapi bisa kubayangkan pertemuan itu pasti seruuu

    BalasHapus
  17. Ppernah nonton nggak ya? kayaknya pernah. jadi pingin nonton lagi film film lama drama buat me time.

    BalasHapus
  18. Selamat siang untuk semua, nama saya Steven Nesty Binti, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua pencari pinjaman akan berhati-hati tentang pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp 10,7 juta, untuk seorang pria di Afrika.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny. Tieka Melawati (tiemelaw@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Deborah, Manajer Kantor Pinjaman AVANT, jadi teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Bu Debora. Jadi saya menghubungi Ibu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +6281334785906

    Saya mengajukan pinjaman sebesar IDR 380 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan IDR380 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dan dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Mrs. Deborah untuk memberikan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) atau melalui WhatsApp: +6281334785906 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nestybintisteven@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  19. Saya Anita dari Malaysia tetapi saya tinggal di Indonesia, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ny. Deborah Avant yang kebetulan adalah Allah mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada Allah untuk memberkati dia hari ini. Tolong izinkan kami mengambil pinjaman dari sesama orang Indonesia.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nesty Binti Steven dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke Mrs. Deborah Avant.
    Email: (avantloanson@gmail.com)
    WhatsApp: +6281334785906

    Saya memutuskan untuk menghubungi Steven Nesty Binti untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Deborah, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria, katanya sangat mudah dari Ny. DEBORAH, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir dan mengirimkannya kepadanya, mengirimnya scan identitas saya. kartu, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya, bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab itu semua yang telah dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs. Deborah Avant dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui, tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. DEBORAH AVANT dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini sebagai kejutan terbesar saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp400.000.000,00. Jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. DEBORAH AVANT via
    email: (avantloanson@gmail.com) atau
    WhatsApp: +6281334785906
    untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (lansamanita@gmail.com)

    BalasHapus
  20. Hari baik untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah mendukung saya melalui ibu Nyonya Elina yang baik
    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.
    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.
    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda
    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke
    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  21. Data pribadi
    negara Indonesia
    Nama: Arif Hidayat
    Alamat: Jl.ds.lamangkona tawaeli
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp30 juta dari AVANT Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. AVANT Loan telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Deborah bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerahkan tambahan Rp250 juta setelah melalui proses hukum saya. pinjaman disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam di rekening bank BCA saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Bu Deborah dan tim manajemen pinjaman terbatas Avant telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA dan INDONESIA, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Avant Loans Limited hari ini dan selalu
    e_mail: [avantloanson@gmail.com]

    WhatsApp: +6281334785906

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  22. My name is Mrs.Aisha Mohamed, am a Citizen Of Qatar.Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal loan or business loan?contact Dr James Eric Finance Home he help me with a loan of $42,000 some days ago after been scammed of $2,800 from a woman claiming to been a loan lender but i thank God today that i got my loan worth $42,000.Feel free to contact the company for a genuine financial service. Email:(financialserviceoffer876@gmail.com) call/whats-App Contact Number +918929509036

    BalasHapus
  23. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...