Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor




Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya tantang diri saya untuk berlari 25 km.



Di November 2016 saya melihat ada kegiatan Tugu to Tugu yang diadakan Bogor Runners. Jarak yang mesti ditempuh adalah 50 km dari Tugu Monas melewati Tugu Kujang di Bogor dan finish di Balai Kota Bogor.

Ternyata ada yang jarak lebih pendek lagi, yaitu 25 km, berlari dari Stasiun Depok Lama menuju Kota Bogor. Saya pun coba langsung mendaftar. Padahal saya sudah lama sekali tidak lari waktu itu. Saya terakhir berlari pada tahun 2014, jarak 10 km saat event Jakarta International yang diadakan Milo di tahun 2014; Monas-Universitas Atmajaya-Monas.

Kemudian tersisa waktu satu bulan, saya mencoba menyiapkan diri. Namun apa daya, kegiatan saat itu membuat saya hanya memiliki persiapan pas-pasan. Dalam seminggu saya hanya berlari 3-5 km.

Hingga diakhir November, saya usahakan berlari jauh dari rumah di Kebayoran Lama hingga Kampus UIN di Ciputat dengan jarak 10 km. Dan di bulan Desember, saya tidak pula rutin berlari. Padahal event Tugu to Tugu akan berlangsung tanggal 31 Desember. Tepat perayaan Tahun Baru 2017.

Nekat Berlari


Saat tanggal 31 Desember tiba, saya tetap nekat ikutan. Saya menantang diri saya, apakah saya sanggup berlari hingga 25 KM.

Waktu berlari di mulai pukul 19.30 dari Koramil dekat Stasiun Depok Lama. Gawatnya, sore harinya saya lupa sarapan. Saya pun harus nekat berlari ketika perut dalam kondisi lapar.

Saat itu dipikiran saya hanya berlari. Lambaian tangan orang-orang di pinggir jalan, menyapa para pelari, memberikan suntikan semangat bagi saya untuk terus berlari.

Pos istirahat ada di Mc Donald Cibinong, tidak jauh dari Pusat Pemerintahan Kota Cibinong. Ini adalah jarak pertengahan, sekitar 12 KM.

Alhamdulillah, saya ternyat berhasil sampai ke titik ini. Namun saya merasa cukup lemas dan kehabisan energi. Untungnya ada penjual pisang di pinggir jalan. Saya pun membeli pisang.


Kaki Mulai Keram 


Saat kira-kira sampai jarak 15 km, kaki saya mulai keras, telapak panas, dan punggung pegal-pegal. Saya istirahat sebentar, membuka sepatu dan beli air minum di Indomaret.

Saat mencoba lanjutkan berlari, ternyata tiba-tiba kaki mulai keras kembali. Sepertinya tanda-tanda akan keram.

Dipinggir jalan ada beberapa pelari yang berjatuhan karena keram.

Saya coba mengatur strategi. Ketika kaki mengeras, maka saya coba berjalan. Ketika kaki sudah "empuk" saya kembali berlari.

Jarak yang paling berat adalah ketika berada di jalan menuju Tugu Kujang yang terus menanjak. Saya merasa ingin berhenti, tapi jarak tinggal 5 KM lagi. Waktu sudah menunjukkan pukul 23 lewat. Dan cutt of time pukul 00:30. Disitu saya hanya berpikir untuk finish.

Saya yakin jika saya terus berjalan, maka saya akan sampai finish sebelum cutt of time.

Ternyata benar, jam 00:00, tepat tanggal 1 Januari 2017, saya tiba di Tugu Kujang. Disana sudah ramai orang, untuk merayakan tahun baru. Saat itu Walikota Bogor, Arya Bima juga sedang meresmikan transportasi Wisata di Bogor.

Jarak finish tinggal 1 km menuju Balai Kota Bogor. Saya merasa mendapat angin segar. Tiba-tiba kaki saya yang mungkin sudah keras seperti singkong karet, kembali bisa berlari walupun lambat.

Alhamdulillah saya finish pukul 00:15. Kurang lebih 15 menit sebelum cutt of time.

Sempat foto di Tugu Kujang saat peresmian Angkutan Wisata Bogor. Hasilnya blur, karena badan udah sempoyongan.

Muntah-Muntah


Selesai berlari, saya tidak langsung pulang, karena kereta baru ada pagi hari. Saya menginap di masjid kantor walikota.

Pukul 02:00 saya terbangun dan tiba-tiba perut mual. Saya muntah-muntah. Namun karena perut saya isinya hanya pisang, maka muntahnya hanya cair kental seperti jus pisang.

Azan subuh berkumandang, saya bangun untuk menunaikan sholat shubuh. Namun saat doa Qunut, saya kembali mual. Saya langsung membatalkan sholat dan pergi ke kamar mandi. Saya kembali muntah-muntah.

Saat pagi tiba saya pergi ke stasiun Bogor dan menuju salah satu warung kopi untuk membeli teh dan tolak angin. Saya pun mengisi perut saya dengan roti. Saya merasa perut saya enakan.

Namun saat Commuter Line, AC kereta membuat kepala saya pusing dan mual. Saya pun mulai tak tahan. Pas di stasiun Citayam, saya muntah di dalam kereta. Untungya saya sudah siap plastik. Saya pun langsung keluar kereta dan istirahat sebentar di stasiun.

Setelah perut merasa enakan, saya melanjutkan perjalanan pulang.

Pelajaran Berharga

Dari kegiatan lari ini saya mengambil pelajaran berharga. Bahwa berlari jarak jauh itu butuh latihan dan persiapan. Banyak orang yang berhasil finish dan ada pula sebagian yang gagal. Ada yang finish dengan segar dan ada pula yang membawa cedera.

Saya kagum ketika ada seorang Kakek berusia hampir 70 tahun dan ibu berusia 45 tahun berhasil finish dari Monas ke Bogor (50 km). Alhamdulillah saya pun finish dengan modal tekad dan nekat. Selain muntah-muntah, kaki dan punggung pegal jadi oleh-oleh yang saya bawa. Tiga hari sesudahnya saya merasa jadi orang tua yang sudah mulai kesulitan berjalan. Hingga seminggu sesudahnya saya baru bisa berlari dengan normal kembali.

Apakah saya trauma berlari? Tidak. Justru malah semakin tertantang untuk berlari lagi. Hari minggu nanti, saya mau berlari lagi di acara Jakarta International 10 km.

Komentar

  1. Wah, salut deh dengan kenekatannya yang membawa hasil walaupun dengan muntah-muntah, hehe... Btw, spellingnya sepertinya NEKAT bukan NEKAD. Betul gak pendapat bunda ini, ya?

    BalasHapus
  2. Iya betul bun, sepertinya saya salah tulis. Makasih koreksinya bun.

    BalasHapus
  3. sedaaaap dan gilaaaa ini namanya. Lari dari Depok ke Bogor. Ngos-ngosannya bukan lagi itu.

    BalasHapus
  4. Jadi hemat enggak perlu naik kereta. Jadi enggak perlu keluar ongkos tiket kereta haha. Ini mas yogi sampai muntah-muntah lagi. tapi walaupun gitu, tetep bangga ya sama diri sendiri karena berhasil lari sejauh itu.

    BalasHapus
  5. kalo ngos-ngosan sih ga yah karena saya larinya lambat. Tapi kakinya panas, kenceng dan pegel-pegel. :D

    BalasHapus
  6. Hahaha bisa aje.
    Kalau muntah itu kayaknya gara-gara kecapean, asam lambung naik. Iya, pinginnya sih bisa lari lebih jauh lagi kayak full marathon 42 km. :)

    BalasHapus
  7. Ya Allah, untung gak kenapa-napa.. nekat banget! :D

    BalasHapus
  8. Selamat siang untuk semua, nama saya Steven Nesty Binti, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua pencari pinjaman akan berhati-hati tentang pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp 10,7 juta, untuk seorang pria di Afrika.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny. Tieka Melawati (tiemelaw@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Deborah, Manajer Kantor Pinjaman AVANT, jadi teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Bu Debora. Jadi saya menghubungi Ibu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +6281334785906

    Saya mengajukan pinjaman sebesar IDR 380 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan IDR380 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dan dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Mrs. Deborah untuk memberikan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) atau melalui WhatsApp: +6281334785906 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nestybintisteven@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  9. Data pribadi
    negara Indonesia
    Nama: Arif Hidayat
    Alamat: Jl.ds.lamangkona tawaeli
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp30 juta dari AVANT Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. AVANT Loan telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Deborah bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerahkan tambahan Rp250 juta setelah melalui proses hukum saya. pinjaman disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam di rekening bank BCA saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Bu Deborah dan tim manajemen pinjaman terbatas Avant telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA dan INDONESIA, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Avant Loans Limited hari ini dan selalu
    e_mail: [avantloanson@gmail.com]

    WhatsApp: +6281334785906

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  10. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  11. Nama:Teddy Liza
    status perkawinan: janda
    jumlah pinjaman:3.6 miliar rupiah
    tempat tinggal saya:. Palangkaraya
    email ku:::teddyliza2020@gmail.com
    kesaksian yang memotivasi saya whatsapp :;l+ 6281617538564
    tujuan pinjaman saya :Investasi / hutang

    Halo semuanya, sekarang dari (bahasa Indonesia [baˈha.sa in.doˈne.sja])/Malay, . Saya seorang janda dengan dua anak dan sejak Februari 2019 karena kebakaran dalam bisnis yang membanjiri bisnis saya dan saya mencoba mencari pinjaman dari bank saya, bank mengatakan dengan saya memiliki kredit buruk sehingga saya mencobanya dengan pemberi pinjaman lain di mana saya bodoh. Tetapi seperti yang Tuhan kehendaki, saya membaca kesaksian AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM di majalah bisnis, yang membantu bisnis dan individu dengan pinjaman besar. Saya mengajukan permohonan dan saya telah menerima pinjaman 3,6 miliar rupee dengan tingkat bunga sangat rendah 1% dan rencana pembayaran yang lebih baik. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa ada banyak scammer di sini. Ambil permintaan peminjam untuk biaya asuransi, Peminjam tidak memiliki sertifikat bisnis, Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman, peminjam Palsu tidak memiliki alamat kantor fisik. Peminjam palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya pajak, peminjam Palsu tidak memiliki situs web. Jika Anda mencari pinjaman, selalu minta pemberi pinjaman untuk situs webnya, karena banyak pemberi pinjaman palsu tidak memiliki alamat dan situs web. Jika Anda menginginkan pinjaman yang sah,Sukses hanya datang bagi mereka yang percaya pada diri mereka sendiri dan siap untuk menang. Saya tidak mengharapkan apa pun selain yang terbaik untuk Anda. Beralih ke tahap baru dalam hidup bisa menjadi proses yang menantang. Semoga Anda beruntung dalam semua upaya masa depan Anda, Anda akan menjadi hebat. ajukan sekarang.

    Aasimaha adila ahmed kontak pusat aplikasi pinjaman
    E-mail**aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    Whatsapp *********^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^+ 447723553516

    BalasHapus
  12. Luar biasa sih mas. Kebayang itu capek dan mualnya, Krn menempuh jarak sejauh itu, tapi tanpa latihan cukup 😅. Cuma memang Yaa, lari itu nagih kok. Aku sendiri rutin workout, dan salah satunya lari. Cuma memang aku lebih santai, Krn niatnya hanya utk stamina, bukan ikutan marathon. Setiap kali abis lari atau jogging, mood itu enaaak banget. Malah terkadang di saat sedang sedih, marah, pelampiasan ku pasti lari. Secapek mungkin kalo bisa. Setelah itu dijamin mood membaik

    BalasHapus

Posting Komentar