Senin, 11 Juni 2018

Belajar Optimasi dan Cari Duit di Facebook Bersama Lalalaway



Masih zaman main facebook? Eits, coba perhatikan. Data bulan Januari 2018, menunjukkan bahwa Facebook masih merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Kurang lebih 2 miliar orang menggunakan platform ini. Tertinggi diatas Youtube dan Whatsapp. Bagaimana?


Data pengguna media sosial di dunia (hottsuite).

Lalu adakah manfaat kita bermain facebook? Nah saat main ke kantor lalalaway, saya mendapatkan kesempatan belajar mengenai optimasi facebook. Tapi sebelum materi, ada penjelasan dari Audey Marc, Co Founder Lalalaway.com.

Audrey Marc, Co-Founder Lalalaway.com

Audrey menjelaskan bahwa lalalaway adalah Situs Booking Hotel bintang 4 dan 5 dengan tawaran harga yang lebih murah dari situs penjual tiket hotel. Karena menggunakan metode flash sale, penjualan berbatas waktu. Jadi pembeli harus sering-sering menengok website lalalaway agar menemukan penawaran menarik. 

Penawaran menarik menginap di Four Season Hotel

Salah satunya adalah penawaran menarik menginap di Four Season Gatot Subroto, Jakarta. Ada diskon 35%. Fasilitas yang didapatkan yaitu sarapan di Restoran Palm Court, bisa men-upgrade ke Executive Deluxe Suite selama check in dan koneksi wifi kencang selama menginap. Selain itu jika kalian mencari-cari, ada yang diskonnya sampai 70%. Bahkan ada yang memberikan fasilitas penjemputan dari bandara ke hotel, gratis.

Belajar Optimasi Facebook


Tahukah bahwa di facebook ada layanan iklan? Jika kalian melihat postingan di facebook dengan tulisan bersponsor. Maka itu adalah postingan yang diiklankan melalui facebook. Iklan di facebook, dimulai dengan harga 1 dolar. Jadi cukup murah. 

Tapi sebelum beriklan melalui facebook. Kita harus tentukan tujuannya untuk apa. Jika kita seorang blogger, pastinya tujuannya agar pengunjung dan pembaca blog kita meningkat. Dengan begitu, blog kita bisa diketahui orang banyak.

Namun ada hal-hal yang mesti diperhatikan jika kita ingin mengiklankan postingan di facebook.


1. Harus Punya Fan Page (Halaman)

Postingan yang bisa diiklankan adalah postingan yang berada di fan page atau halaman. Nah berarti hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat halaman.

2. Sesuaikan dengan Budget

Jika kita hanya punya dana minimal dalam beriklan, maka kita bisa mulai dengan harga 1 dolar. Jangakauan orang yang mampu melihat iklan kita berkisar 680-3600 orang perhari. Kita bisa mengatur berapa lama waktu iklan yang akan ditampilkan.

3. Atur Target Iklan Secara Tepat 

Nah ini sangat penting. Kita harus mengatur target iklan secara tepat. Jika tulisan kita tentang mencari hotel bintang 5 dengan harga murah, maka kita harus bisa mengira-ngira target orang yang akan membuka iklan tersebut. Jika hotel bintang 5, maka lokasi yang ditargetkan adalah kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta atau Bali. Selain itu, umur juga kita bisa tergetkan. Misalkan 25-40 tahun. Dengan menentukan target yang tepat, maka efektivitas kita beriklan akan semakin tinggi.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook


Facebook ternyata mempunyai fitur bagi para penggunanya untuk mendapatkan uang. Selain dari jualan di Facebook, ada fitur Instant Article. Fitur ini sangat cocok bagi para penulis lepas, blogger dan setiap orang yang suka menulis.

Ciri artikel facebook yang terpasan Instant Article terdapat logo petir (source: facebook).


Postingan kita di blog ataupun website bisa dihubungkan dengan Instant Article di Facebook. Tapi sayangnya baru blog dan website berbasis platform Wordpress yang bisa terhubung dengan Instant Article. Caranya setelah pasang plugin di Wordpress, kita harus mendaftar Instant Article, buat artikel dan masukkan ke Instant Article, kemudian publikasikan.

Beberapa keuntungan dari Instant Article (source: fbookmedia)

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kita mempublikasikan tulisan di facebook melalui Instant Article yaitu 

1. 20% lebih besar peluangnya untuk di klik

2. 70% lebih  rendah untuk diabaikan

3. 30% lebih besar peluang untuk di share


Hal ini bisa terjadi karena artikel yang di publikasikan menggunakan Instant Article lebih cepat terbuka alias gak lola (loading lama). Dan keuntungan yang didapatkan yaitu kita bisa mendapatkan uang. Kok bisa? Iya bisa. Facebook telah mengatur disetiap postingan akan ada iklan yang tampil. Jika ada orang yang mengklik iklan tersebut, maka disitulah pundi-pundi uang akan terkumpul sedikit demi sedikit. Bagaimana tertarik?


Foto bersama setelah belajar bareng (source: ikung).
 
Foto bareng Ms Audrey, Co Founder Lalalaway.com


Thanks to: Situs Flash Sale Hotel bintang 5: lalalaway.com, Co Founder lalalaway Ms Audrey, mas Darwin, mas Rendra dan mas Said.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...