Rabu, 30 Mei 2018

Belajar Layout untuk Blog "Buat Tampilan Blog Lebih Menarik"




Penting gak sih layout untuk blog? Kalau menurut saya sih penting. 

Bagaikan seorang laki-laki yang ingin bertemu dengan calon mertua (camer), maka hal yang pertama kali dilihat oleh camer adalah penampilan. Nah jika layout kita menarik bagi sang camer, maka kita akan disambut dirumahnya dengan baik dan memperbesar kemungkinan diterima jadi calon mantunya. ehm


Pada blog, layout berfungsi untuk menarik pembaca dan mempertahankan keberadaan pembaca untuk lebih lama mengunjungi blog kita.


Minggu, 27 April 2017, saya berkesempatan menghadiri blogger gathering yang diadakan Komunitas ISB dan CNI yang kali ini belajar tentang layout. Damavara atau yang biasa dipanggil Dama menjadi pembicara kali ini. 

Belajar layout untuk blog yang dipandu oleh Damavara (dokpri).

Diawal penjelasannya ia menceritakan mengenai trotoar. Fasilitas trotoar untuk disabilitas memberikan gambaran mengenai adanya penguna utama dan pengguna sekunder. Pengguna utama adalah orang yang menggunakan kursi roda dan pengguna sekunder adalah orang yang tidak menggunakan kursi roda. Misalkan orang yang membawa tas koper.

Fasilitas trotoar untuk disabilitas (blogspot).

Di dalam blog bisa digambarkan sebagai pembaca primer dan pembaca sekunder. Misalkan kita memiliki tulisan mengenai tips “Traveling dengan Budget Rendah”. Maka pembaca primernya adalah anak muda, anak kuliahan, orang yang ingin bepergian dengan budget rendah, dan semacamnya. Pembaca sekundernya adalah orang yang masih ragu ingin jalan-jalan.

Template & etc

Bagi kamu yang ingin mencari template yang menarik bisa mencari template gratisan dan template berbayar di etsy.com. Untuk yang berbayar bisa dimulai dari 1 dolar atau sekitar 14 ribu rupiah. 

Kemudian di dalam postingan tulisan bisa dipasang, baca juga.  Dan dibawah postingan juga bisa di pasang you might also like. Platform ini merupakan artificial intelegence yang ada di dalam google. Hal ini berfungsi untuk membuat pembaca bertahan lebih lama di dalam blog kita.

COVER


Hal yang pertama kali di lihat ketika kita posting tulisan adalah cover. Biasanya berbentuk gambar. Teknik membuat cover yang mudah bis kita gunakan canva.com. Selain versi web ada juga versi mobile app. Namun dalam versi mobile app, agak sedikit sulit. Karena ada detail-detail yang sulit untuk dipencet.


Tampilan untuk pengeditan di canva (dokpri). 

Program canva cukup mudah digunakan terutama bagi kemampuan desain pemula bagi saya.

Tips membuat Cover dari Mba Dava:

1. Jika ingin membuat judul cover yang berwarna gelap, maka gambar harus berwarna terang. Bergitu juga sebaliknya, jika ingin membuat judul cover yang berwarna terang, maka gambar harus berwarana gelap. Mainkan contrast dan brightness.

2. Perhatikan pula font judul cover. Ada dua jenis font yaitu serif dan sains serif. Cukup maksimal gunakan dua jenis font ini. Kemudian kombinasikan dengan baik. Jika ingin menggunakan font yang ada dekoratifnya maka gunakan sewarjarnya. Font dekoratif bisa digunakan pada kata-kata yang penting.

Berbisnis Bersama CNI

Pak Gusti sedang menjelaskan CNI Go Digital menggunakan sistem afiliasi kepada para blogger (dokpri). 

CNI perusahaan yang telah berkecimpung selama 30 tahun ini sekarang mulai merambah dunia digital. Hal ini merupakan transformasi CNI dalam mengikuti perkembangan zaman. Ada peluang bisinis menarik bersama CNI yaitu dengan hanya bermodalkan smartphone, kita bisa menghasilkan uang. 

Melalui sitem afiliasi, kata Pak Gusti kita bisa menghasilkan hingga Rp 20 juta rupiah. Namun hal itu ada caranya, tidak langsung instan. Jika kamu tertarik silahkan bisa buka geraicni.com . Ada kontak yang bisa kamu hubungi. Kamu bisa langsung daftar dan nanti akan diberikan pengarahan oleh tim CNI agar bisnis kamu bersama CNI menghasilkan secara maksimal.

Sampai jumpa ditulisan selanjutnya ya, bye-bye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...