Sabtu, 16 Desember 2017

YES Beli Mobil Impian Bukan Sekedar Impian



Ingin punya mobil impian tapi bingung tak punya uang? Jangan khawatir, setelah membaca tulisan ini kamu tidak akan bingung lagi. Saya akan kasih kamu uang 1,5 miliar untuk membeli mobil impianmu. Caranya: baca tulisan ini sampai habis, kemudian beri komentar terbaik, jangan lupa share ke sosial media kamu: facebook, instagram dan twitter.


Percaya? Bagus kalau kamu tidak percaya. Mana ada yang mau kasih kamu uang 1,5 miliar dengan percuma. Apalagi yang kasih uangnya saya. Ya itu hanyalah khayalan belaka. Tapi ketika kamu mencoba untuk membaca tulisan ini hingga selesai, semoga hal itu bukan lagi khayalan.

Di zaman sekarang ini, mobil memang bukan lagi sebuah keinginan, namun pada sebagian orang menjadi sebuah kebutuhan. Saya yakin setiap orang yang memiliki penghasilan cukup, bisa memiliki mobil dengan pengaturan keuangan yang benar.

Gita Arghasasmita, financial planner, menjelaskan bahwa membeli mobil adalah salah satu cara kita menabung. Terutama, jika kita kesulitan menabung. Dengan mencicil mobil setiap bulan kita akan dipaksa untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk barang yang memiliki fungsi penting yaitu kendaraan. Sehingga, uang kita tidak akan habis begitu saja, dan akan berubah menjadi sebuah barang yang berguna.

Memang jika dibandingkan rumah dan emas, mobil bukanlah barang yang harganya terus meningkat. Namun kebutuhan akan kendaraan, memungkinkan kita untuk menjadikan barang ini sebagai salah satu prioritas dalam kehidupan.

Nah ini saya coba membagikan tips untuk membeli mobil impian:

1. Beli Mobil Jenis Apa?

Ada macam jenis mobil berdasarkan bentuknya.

Pertama, mobil convertible yang atapnya bisa terbuka.


Kedua, mobil coupe. Mobil yang atapnya cenderung terbuka


Ketiga, mobil hatchback. Mobil jenis ini menyatukan kabin penumpang dengan ruang bagasi.


Keempat, mobil sedan. Mobil yang nyaman untuk di jalan raya.


Kelima, mobil SUV (Sport Utility Vehicle). Mobil yang mempunyai bentuk body yang besar ini, mampu melahap jalan raya ataupun off-road.  Bentuknya juga sporty.


Keenam, mobil MPV (Multi Purpose Vehicle). Mobil yang bisa mengangkut penumpang lebih banyak.

Ketujuh, Station Wagon. Mobil yang mirip dengan sedan, namun lebih panjang dan bagian belakangnya menyambung dengan bagasi.



Nah itu semua tergantung keinginan dan kebutuhan kamu mau mobil jenis apa. Kalau saya sih inginnya jenis mobil MPV. Alasannya, agar kalau pergi kemana-mana bisa bareng-bareng keluarga. ahay

2. Beli mobil baru atau mobil bekas?

Setiap orang mungkin menginginkan mobil baru. Kenapa? Karena mobil baru memiliki risiko yang rendah dibandingkan mobil bekas. Tapi mobil bekas memiliki harga yang lebih murah dari pada mobil baru.

Selain itu mungkin dari kita banyak yang belum tahu keuntungan membeli mobil bekas. Di acara blogger gathering "Cerdas Pilih Mobil Impian", saya mendapatkan pencerahan mengenai hal tersebut.

Ada beberapa keuntungan membeli mobil bekas:


1. Harga mobil bekas lebih murah dari mobil baru.

Itu pasti. Contohnya mobil Camry 2.5 V A/T keluaran tahun 2014. Di dealer resmi harga mobil barunya sekitar Rp 615 juta

Harga mobil baru Camry 2.5 V A/T di dealer resmi.

Kemudian ketika melihat mobil bekasnya harganya sudah mendekati setengah harga yaitu Rp 375 juta



2. Mobil bekas memiliki depresiasi harga yang lebih rendah dibandingkan mobil baru.

Halomoan Ficher, COO Mobil 88 menjelaskan bahwa di tahun pertama, mobil baru akan mengalami depresiasi harga yang tinggi. Semakin mahal mobil tersebut, semakin tinggi pula penurunan harganya.

Contoh jika kita membeli mobil Camry diatas. Selama 3 tahun, depresiasi harganya sudah sampai 240 juta. Kemungkinan di tahun pertama, turun 100 juta. Di tahun kedua turun lagi 80 juta. Di tahun keempat turun lagi 60 juta. Jika dijumlah, maka 100+80+60 = 240 juta.

Maka kemungkinan di tahun keempat akan turun lagi 40 juta, di tahun kelima turun lagi 20 juta dan seterusnya. Jika dilihat kemungkinan tersebut, maka jelas bahwa mobil bekas memiliki depresiasi harga yang lebih rendah dari pada mobil baru.

Tapi pertanyaanya selanjutnya, apa yang harus kita perhatikan dalam membeli mobil bekas?

1. Cek kondisi mobil. 

Dari luar, bisa kita lihat badan mobil apakah masih mulus atau tidak. Kemudian pastikan mesin, kelistrikan dan hal lainnya masih berfungsi normal.

2. Cek apakah mobil itu bekas tabrakan atau tidak.

Bagi yang mengerti mobil biasanya bisa mengidentifikasinya dengan test drive dan melihat struktur bodi. Biasanya mobil bekas trabakan selain mengubah bentuk bodi juga memengaruhi laju mobil yang tidak stabil.

3. Perhatikan juga, jangan sampai mobil itu pernah kebanjiran.

Kita bisa cek dari kelistrikan mobil dan karat yang ada pada bagian mobil.

4. Cek apakah kilometer asli atau tidak.

Pertama, kita bisa cek tahun pembelian mobil. Apakah kilometer tersebut sesuai dengan umur mobil. Kedua, kita cek histori.catatan servis. Namun sayangnya tidak semua penjual mobil memiliki catatan servis yang lengkap.

5. Cek apakah mobil tersebut terpaut kasus hukum atau tidak.

Cek surat-surat, apakah sesuai dengan nama pemiliknya atau tidak. Kemudian nomor rangka dan mesin mobil apakah apakah sesuai dengan keterangan di STNK dan BPKB. Jangan sampai kita membeli mobil bodong atau bahkan mobil tersebut ternyata terkait kasus hukum seperti pencucian uang. Nantinya yang akan rugi kita sendiri.

6. Cek daftar harga.

Nah zaman sekarang kita dapat dengan mudah, mengecek daftar harga mobil. Dengan smartphone di genggaman tangan, kita bisa membandingkan banyak harga dengan tipe mobil yang sama.

7. Belinya cash atau credit?

Ini tergantung dari keuangan kita. Mba Gita (Financial Planner) menjelaskan, jika kita mampu membeli cash lebih baik. Namun jika kita ingin mencicil, maksimal uang yang digunakan yaitu 30% dari penghasilan kita.

Kiri: Mba Gita, (Financial Planner), Moderator, dan Halomoan Ficher (COO Mobil 88).

Tapi kok kelihatannya repot banget ya, mau beli mobil aja.

Memang begitu hal yang harus kita perhatikan dalam membeli mobil bekas agar kita tidak menyesal dikemudian hari. Nah, jika kita tidak ingin repot dalam memperhatikan hal tersebut. Kita bisa membeli di mobil 88.

Mobil 88 menjamin keenam hal diatas. Bahkan mereka memberikan jaminan buyback guarantee, jika mobil yang dijual ternyata bekas banjir, bekas tabrakan, speeedometer tidak asli atau mobil tersangkut kasus hukum. Selain itu, mobil 88 hanya menjual mobil bekas dengan tahun muda. Maksimal mobil bekas yang dijual beruur 6 tahun. Berarti kalau sekarang tahun 2017 maksimal keluaran tahun 2011.


YES

Nah ternyata, tanggal 15-17 Desember 2017, mobil 88 sedang mengadakan promo YES. Year and Sale. Ada cashback 29 juta, diskon s.d 20 jt dan DP 8 jutaan. Selain itu pembeli akan mendapatkan free service selama 1 tahun di Auto 2000. Selengkapnya bisa cek di mobil88.astra.co.id/promo/


Bagi yang ingin membeli mobil impian, jangan sia-siakan kesempatan ini.



sumber gambar: pixabay, shhutterstock, mobil 88, dan dokumen pribadi.

6 komentar:

  1. Gambar mobilnya bagus bagus Kakak. Beliin dong satu hahaha. Mo beli mobil seken emang ribet ya dan mobil88 bs jd solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo, mba Dewi kasih duitnya ke saya, nanti saya beliin. hihihi

      Hapus
  2. Yaa!! Memang banyaknya kasus pencurian mobil, Kita sebagai konsumen wajib teleti sebelum membeli mobil second, Termasuk tahun serta mesinnya.. Dan kalau tak mau ribet yaa!! Kridit aja kan punya yang baru deh..😂😂

    BalasHapus
  3. Wah...beli mobil bekas di mobil 88 bisa bikin hati lebih tenang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Jogja cari mobil bekas tinggal meluncur ke kantor TVRI di Jalan Magelang. Banyak varian disana...

      Hapus

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...