Rabu, 30 Agustus 2017

Belajar SSL di Ulang Tahun Qwords ke 12


Pertama kali mendengar kata SSL saya berpikir keras untuk memahaminya. Mahluk apa itu SSL? Apakah itu nama genus untuk alien? Atau itu merupakan singkatan dari Suka Suka Loe. Bukan.


SSL adalah singkatan dari (Secured Socket Layer), merupakan sertifikat keamanan yang berfungsi untuk mengamankan data dari sebuah situs web. SSL mengamankan data antara dua mesin menggunakan enskripsi. Enskripsi adalah sebuah sandi rahasia yang dapat dikodekan oleh server. Jadi berbagai data yang kita kirimkan ke sebuah ditus web dapat dijamin keamanannya.

Penting bagi kita mengetahui apakah sebuah situs menggunakan SSL atau tidak. Terutama ketika kita akan melakukan transaksi online. Atau hal lain yang berhubungan dengan data yang akan kita masukkan kesebuah situs.

Kita bisa lihat contoh di www.qwords.com. Ini adalah website perusahaan yang bergerak dibidang jasa pembuatan domain dan hosting. Di alamat situs, ada gembok hijau dan informasi nama perusahaan berwarna hijau juga. Nah itu tanda bahwa situs tersebut menggunakan SSL.


Tanda SSL pada situs website (screenshoot)

Ketika kita mau bertransaksi, berkomunikasi ataupun memasukkan data di situs tersebut, akan terjamin keamanannya. Karena situs tersebut telah terlindungi oleh SSL yang diurus oleh perusahaan bernama Global Sign. Jadi kita tidak perlu khawatir data-data seperti informasi kartu kredit, nama pengguna dan password account, dan berbagai informasi penting lainnnya akan disadap ataupun dicuri oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Contoh teknisnya begini:

Saat kita mau membeli sebuah produk di toko online, maka biasanya kita akan diminta untuk memasukkan alamat email dan password. Selain itu ada pula data-data pribadi kita yang kita masukkan. Termasuk jika kita ingin membayar menggunakan kartu kredit, maka kita masukkan pula data kartu kredit.

Nah ketika ada alur perpindahan data dari smarphone kita ke server toko online, maka kemungkinan akan ada oknum-oknum luar yang mencoba mencuri data tersebut. Nah dengan SSL data tersebut tidak akan bisa dicuri.

Perpindahan data antara dua alat (mesin). ilustrasi:qwords.


Macam-Macam SSL

Ternyata SSL ada berbagai macamnya.

1. Domain SSL 
SSL ini bisa paling cepat disediakan oleh penyedia jasa SSL. Dalam hitungan menit atau jam, kita bisa mendapatkan sertifikatnya dan langsung diinstal di server kita. SSL tipe ini tingkat kepercayaannya lebih rendah karena hanya ada gambar gembok saja di sebelah kiri situs.

2. Organization SSL
SSL ini lebih difokuskan untuk organisasi ataupun bisnis. Secara tampilan luar sama dengan domain SSL, yaitu hanya gambar gembok saja. Tapi jika kita klik gembok tersebut, maka akan tertera nama pemilik, nama organisasi atau perusahaan, alamat, hingga penanggung jawab situs tersebut.  SSL tipe ini tingkat kepercayaannya lebih tinggi dari pada domain SSL.

3. Extended SSL
Tampilan SSL ini selain ada gembok hijau, ada pula greenbar yang bertuliskan nama perusahaan. Seperti yang sudah kita lihat pada screenshoot website qwords. Ketika ada greenbar tersebut, klien ataupun customer akan memiliki kepercayaan yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan SSL tipe ini, melalui proses yang lebih panjang. Prosesnya bisa memakan waktu 7-14 hari kerja.

Proses pertama adalah domain. Kedua adalah pengiriman dokumen-dokumen seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan lain-lain yang menunjukkan perusahaan itu benar ada. Selanjutnya adalah verifikasi via telepon dari Global Sign kepada pemilik perusahaan.

Setelah semua verifikasi dilakukan, akan ada Ceritificate Authority (CA) dari Global Sign yang akan menghubungi pemilik perusahaan. Mereka akan mengecek pemilik perusahaan, toko atau perusahaan tersebut dan website tersebut telah sesuai dengan apa yang diajukan. Kemudian Global Sign akan mengirimkan file ke perusahaan dengan format srt yang bisa diinstal di server atau hosting website perusahaan. Selanjutnya di cek di website tersebut, apakah SSL sudah terpasang dengan baik.



Potong tumpeng (foto:Yogi Setiawan)

Nah itulah sedikit ilmu tentang SSL yang saya dapatkan saat bermain ke kantor Qwords di Gedung Cyber, Kuningan, Jakarta Selatan. Saat itu pula Qwords sedang merayakan ulang tahunnya yang ke 12.

Di ulang tahun yang ke 12, Qwords menginfokan bahwa mereka telah meluncurkan beberapa layanan baru seperti Email Cloud and Collaboration Suite (ECCS), Cloud VPS-K yang bisa memberikan keleluasaan kepada pelanggan dalam mengelola Cloud, Dedicated Server dan Microsot Office 365.

Qwords juga kembali dipercaya oleh Kemenkominfo sebagai penyedia jasa satu juta domain. Program pemerintah untuk mendukung UKM go-online dalam bentuk hosting dan domain.Selain itu Qwords juga mengadakan kompetisi blog, vlog dan saran pengembangan yang dapat diikuti oleh pelanggan Qwords. Kompetisi ini dimulai dari tanggal 21 Agustus- 5 September 2017. Yuk ikutan teman-teman!


Yuk ikut kompetisinya.

Foto-Foto Keliling Kantor Qwords

Ruang operasioanl Qwords. (foto:Yogi Setiawan)

Ruangan data center Qwords. (foto: Yogi Setiawan)

Suhu di data center mesti terjaga pada kisaran 20 derajat celcius. Ini adalah foto lubang pendingin ruangan yang ada dilantai ruangan data center Qwords (foto: Yogi Setiawan)

Selamat Ulang Tahun Qwords.

2 komentar:

  1. Sempat roaming soal SSL, tapi penting juga, ya. Terutama buat yang punya toko online supaya customer lebih percaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget. SSL penting demi kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi online.

      Hapus

Nekat Lari 25 KM: Dari Stasiun Depok Lama ke Balai Kota Bogor

Lari 25 KM dari Stasiun Depok Lama menuju Balai Kota Bogor adalah hal nekat yang saya lakukan. Tanpa latihan dan persiapan yang matang, saya...